Pages

ADA TIKUS DI RUMAHKU

Sabtu, 24 Januari 2015



Setiap ada makanan yang gue letakan di meja makan pada malam hari, esok paginya pasti ilang. Gue menduga kalo si Rena adek gue yang paling kecil itu ngigo terus ngambil makanan di atas meja, soalnya cuman dia yang sering kelaperan. Tapi, ternyata bukan Rena yang makan, tapi Tikus.

Kami berlima di dalam rumah ini cukup merasa terganggu dengan kehadiran si tikus, apalagi si bokap yang orangnya paling bersih, asal ada makanan sisa, yang pengen kami makan di pagi hari, bokap pasti bilang “jangann!! Itu bekas tikuss!!”, padahal kenyataannya tuh makanan di simpen di dalem kulkas.

Gue sendiri udah beberapa kali ketemu sama si tikus, bahkan kami pernah berkontak tubuh, waktu itu gue baru aja keluar dari kamar mandi, ehh tiba-tiba ada tikus yang loncat ke kaki gue, yaa karna kaget gue langsung teriak kaya cabe-cabean tendang si tikus, namun si tikus tak terpental jauh, dan naasnya saat terpental ia sempat ngacungin jari tengahnya, seolah ingin mengucapkan “fak!! Liat aja ntar, gue akan balas dendam!”.

Semakin lama dan semakin dibiarkan, ulah si tikus semakin menjadi-jadi, bukan cuman makanan aja yang ia embat, tapi sampe ke kabel listrik juga ia sikat, mending lah kalo dia gigit kabel langsung kesetrum, ini malah kami yang hampir kesetrum. Tiap malam gue gelisah tidur, soalnya di atas pelapon rumah gue, ada tikus yang lagi balapan, mereka lari kesini terus kesana, suaranya itu kayak lomba pacuan kuda “gluduk-gluduk-gluduk-gludukgludukgluduk gludukgludukgluduk”.

Karna sudah muak dengan perilaku si tikus, kami berlima di rumah ini pun memutuskan untuk memusnahkan si tikus. 

Langkah pertama yang kami ambil adalah dengan menutup semua lobang jalan masuknya tikus pake batu. Namun ajaibnya batu yang segede kepala anak bayi itu mampu ia geser, dan kembali membuat celah agar bisa masuk ke dalam rumah gue. 

Kami kemudian menuju langkah ke 2, kami menebar racun tikus di segala penjuru rumah, kecuali di dalem kulkas dan di bak mandi. Namun esok paginya tak ada 1 pun tikus yang tergeletak kejang-kejang di lantai. Ternyata tikus ini tak sebodoh yang gue pikirkan.

Malemnya bokap terpikir untuk menggunakan kucing kampung yang biasanya nongkrong di teras rumah gue untuk menangkap si tikus. 

“ohh, iya kita pake kucing aja!” kata bokap, baru menemukan ide.

“caranya??” kata gue.

“yaa, kucingnya bawa masuk ke rumah aja.”

“gak bisa pah, orang kucingnya baru 2 jam kejebak di dalem rumah aja udah kencing sembarangan”. Nyokap protes.

“iyaa, kucingnya harus di jinak-in dulu mah.” 

“yeee, pelihara kucing! yeeeee…” kata Rena girang.

Hampir 1 minggu kami manja-manjain si kucing, pagi siang sore kami kasi makan, si kucing pun terbiasa diam di rumah, namun saat malam masih tetep di luar. Hingga tiba waktunya, senjata kucing kami pun siap digunakan, ia kami biarkan nginap di rumah ini untuk menangkap tikus. Tingkat keberhasilannya pun cuman 50 %, mengingat pilem Tom n Jerry dimana Tom si kucing selalu gagal menangkap Jerry si tikus.

Esok paginya bokap cerita ke gue :
“mas, kemaren papa denger suara gluduk-gluduk di dapur”

“wahh, kucingnya berhasil pa??”

“apanya yang berhasil?! Tuhh kucing sialan malah tidur di karpet depan, gimana mau nangkap tikus!”

“terus tikusnya??”

“pesta pora malam tadi, makan ikan jatahnya kucing”

Langkah 3 gagal, gue berangkat sekolah.

Pulangnya nyokap nunjukin sesuatu ke gue. 
“mas, nanti malam kita jebak tikusnya pake ini.” Sambil nunjukin jebakan tikus.

Wahh, ternyata jebakan tikus yang nyokap beli. Semoga dengan perangkap ini si tikus bisa musnah dari rumah kami. Dan kehidupan kami menjadi tenang.

Perangkap sudah bokap letakan di dapur, umpannya pake potongan ayam goreng segede tikus, ini mau jebak tikus ato mau jebak ular??.

Hasilnya…

Kami menemukan seekor tikus kecil terjebak di perangkap pagi harinya. Ternyata cuman alat ini yang ampuh menangkap tikus. 

penampakan si Tikus
Kemudian tikus ini pun kami lepaskan di depan komplek, gue cemplungin ke saluran air, biar dia hanyut.

Misi ini akhirnya berhasil. 

Kehidupan kami pun kembali normal.

Namun, kemaren malem,..

Gue melihat dengan mata gue sendiri. 

Ada tikus,

Lagi makan roti di dapur. 

Iya, dibuang satu, datang seribu.
Kayaknya bokap harus cari rumah baru.

19 komentar:

  1. Hahahaha sialan banget tuh tikus. Jangan-jangan dia sudah merencanakan sesuatu dengan teman-temannya! Hayoloh~ (apasih)
    Itu selera tikusnya tinggi banget sampe makan ayam .__.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, jangan sampe waktu gue tidur, gue diangkat rame.rame di bawa ke.sarangnya..hhe

      Hapus
    2. mungkin si tikus bosan kali mbak deva selama ini makan makanan bekas terus, hehe..selamat bermain-main sama tikus ya.!!

      Hapus
  2. eh bujug buset, ditunjukin foto tikusnya??? >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya pada tau gede tikusnya sebesar apa,, kali aja ada yang ngira segede tapir..hhe

      Hapus
  3. Tapi jangan bunuh tikusnya secara sadis ya. Katanya mereka bakalan nyerang pas lagi tidur, kayak tetangga aku. Hiiiii.. Serem ah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak,, tenang aja gue bukan psikopat kok:)

      Hapus
    2. Tapi kamu masokis? Sama aja. :'

      Hapus
  4. Tikus memang meresahkan. Sepertinya, populasi tikus semakin banyak ya. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe,, kayaknya di rumah gue deh markas besar tikusnya,,hhe

      Hapus
  5. W ngelakuiin hal yang sama
    pake kucing
    tp kucingnya tidur haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa,, kucingnya trlalu di manjain sihh,,

      Hapus
  6. Di kosan saya tikusnya juga gede-gede banget, pertama kali lihat saat baru pertama kali merantau sampai kaget. Jauh beda banget ukurannya sama tikus di kampung saya.

    BalasHapus
  7. dasar tikus itu mah makanan di e,bat. kabel listrik juga. ya gapapa sih asal jangan gebetan aja diembat sama dia mas :3

    BalasHapus
  8. Anda punya masalah dengan tikus? Butuh Solusinya?
    Baca postinganku yang ini :
    http://www.komikdimsum.com/2014/09/5-cara-ampuh-membasmi-tikus.html
    Dijamin gak ada gunanya.

    BalasHapus
  9. tikus bakal kalah sama tikus juga bro, coba deh pelihara tikus yang jago buat basmi tikus dirumah lo:D

    BalasHapus
  10. haha.. pertama kali lihat judulnya...langsung nyanyi... ada tikus di rumahmu... gara-gara kamuuuu... malas bersih-bersih.... :D :D

    BalasHapus
  11. Tikus adalah hewan yang paling nyebelin dan membuat gue katakutan kalo ngeliat sosok tikus itu, jijik gue soalnya sama suka ngabisin makanan atau suka ngerusak barang-barang lainnya x_x

    BalasHapus