Pages

TIPS PERSIAPAN UN

Rabu, 07 Januari 2015

Libur telah usai,..
Libur telah usaii,..
Hati ku gembira,..!!? *nyanyi-nyanyi sambil motong tiang bendera sekolah pake gergaji*

Well, hari senin kemaren gue udah masuk sekolah, waktu liburan emang sangat tak terasa, hari pertama liburan sampe hari ke 4, gue masih berpikir “ahh, santai aja, liburan masih lama kok”. Dan 1 hari sebelum masuk sekolah kembali, gue jadi berpikir “ahhh, pemerintah gak adil!! Masa liburan sekolah cuma sebentar gini?! Kalo gini kapan gue bisa nyantai-nyantai di rumah, kalo besok udah masuk sekolah???!”.

Liburan semester 5 udah selesai, sekarang gue memasuki semester 6, puncak dari semua semester di tingkat SMA, dan puncak dimana otak gue dipakai habis-habisan buat belajar. Karna pada semester ini gue akan menghadapi Ujian Nasional. 

Gue ulangi.

Ujiannn Nasionall… !!!

*Jengg-jenggggg* suara terompet.

Padahal awalnya menurut gue Ujian Nasional itu biasa-biasa aja, gue sama sekali kaga merasa takut, karna gue punya asumsi “UN itu gampang, gue pasti lulus, dan lagian nilai UN kan kaga di pake buat SNMPTN”.

Dan ternyata asumsi gue itu salah banget.

Kemaren seorang guru matematika, menasehati gue dan seluruh anak Ipa 2, di dalam kelas.

“jangan kalian remehkan Ujian Nasional! Soal-soal UN nanti gak segampang soal Ulangan semester kalian kemaren, ibu yang bikin aja nilainya masih ada yang di bawah 6, apalagi kalo Ujian nanti, bukan ibu atau guru-guru lagi yang bikin, tapi dosen dari pusat! Dan perlu kalian ingat, kemaren kakak kelas kalian itu sudah ibu kasih soal-soal yang sudah cukup tinggi di standar ibu, tapi kenyataannya, soal UN itu lebih susah dari itu!”

Gue diem, ulangan matik kemaren aja gue dapet 100,……… di bagi dua (aib sih sebenernya), itu pun soal masih guru di sekolah kami yang bikin, apalagi UN?? Dapet berapa gue ntarr??? Semangat dan mental gue jadi turun. Hampir gue terpikir “sialan nih guru!!”, tapi gue pendam dan buang jauh-jauh, gue seharusnya berterimakasih nih sama si guru , karna berkat beliau gue jadi sadar kalo UN itu gak semudah jawab soal-soal ulangan anak SD.

Karena kesadaran itu juga, gue berarti harus mempersiapkan mulai sekarang, apa saja bekal gue untuk menghadapi UN ntar. Dan oleh karna itu gue share nih tips-tips yang mesti lo lakuin (engga wajib ya!), untuk mempersiapkan bekal dalam menghadapi Ujian Nasional :

1.    Pertama, yang mesti lo lakuin adalah mencuci tangan pake sabun hingga bersih, tanpa kuman, kalo masih ada kuman cuci lagi, kalo masih ada lagi, cuci lagi, kalo kumannya masih nakal dan menempel di tangan lo lagi, yahh sudah saatnya tangan lo di kubur. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Karna tangan yang bersih, tubuh akan sehat. Bener ya?

2.   Belajarlah dengan baik dan tekun di sekolah, hindari untuk berangkat sekolah jam 10 pulangnya jam 11, belajarnya 5 menit, sisanya tedor. Sekali lagi jangan. Perhatikan juga saat guru sedang menjelaskan, bole lah sambil di rekam pake hp, supaya bisa belajar di rumah lagi.

3.   Mulai lah buat jadwal belajar di rumah, misalnya malem ini belajar Matik, besoknya belajar Kimia, besoknya lagi belajar Bahasa Indonesia, dst.

4.   Jangan sampe kelewatan buat belajar, belajar di rumah itu menurut gue cukup 1 jam aja, tapi usahakan fokus, karna kalo elo belajar 12 jam perhari (dari pukul 6 sore, sampe 6 pagi), gue jamin besoknya elo kaga bisa belajar lagi.

5.   Belajar jawab soal-soal, hemmm, saran gue sih bareng sama temen-temen lo aja jawabnya, jadi bisa bertukar pikiran getho.

6. Ke enam, Ciptakan suasana belajar yang aman, tentram, dan membahagiakan, hal ini bisa elo lakukan dengan menata dan mendekorasi ulang kamarmu, agar lebih terlihat tenang, terang, dan membuat elo semangat untuk belajar. Dan hindari untuk mendekor kamar dengan gaya-gaya mistis atau angker, karne gue kuatir lo bakal kaga konsen.

7.   Yang sudah punya pacar, mungkin kasih pengertian dulu sama pasangannya, jangan sampe konsentrasi lo terganggu saat belajar gara-gara lagi berantem sama pacar.

8.   Siapin kerpe-an atau contekan, hal satu ini emang sudah sangat populer dan mainstream banget, tapi gue saranin lo bikin deh, terutama untuk mapel matik n fisika. Tulis di kertas, jangan tulis di batu, soalnya selain susah di sembunyiin, lo pasti bakal di cap manusia purba bro!. jaman sekarang masih pake batu.

9.   Sekali-sekali refresing kaga apalah, belajar itu nyante aja, kaga usah di paksakan, ntar kalo dipaksakan elo malah setres, kalo setres ntar malah gila, kalo gila elo masuk RSJ, kalo elo masuk RSJ,, ANAK ISTRI LO DI RUMAH, MAU DI APAINN???!!!. Abaikan pesan di atas, mungkin sebaiknya elo refresing ke hutan amazon dehh, sekalian cari laba-laba beracun, jadi ntar kalo elo ketahuan nyontek kerpean saat UN, elo bisa lempar laba-laba beracun itu ke pengawas, dan pengawas mati, elo bisa leluasa buka kerpean.

10. Dan yang terakhir, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa,  dan tak lupa untuk minta doa restu + minta maaf  pada ke dua orang tua, dan para guru, mungkin dengan itu elo bisa lebih mudah menyerap pelajaran yang lo pelajari.

Yahhh mungkin itu aja tips-tips yang bisa gue kasi ke elo, semoga berguna. Terutama yang senasib dengan gue. Hehe trus kalo yang sudah lulus, kasi tips tambahan dong, buat mempersiapkan bekal untuk UN. hehehe

28 komentar:

  1. Poin yang terakhir bener banget, berdoa. Usaha juga butuh doa kan, hehe. Semoga sukses ya UN nya. Semangat bro!
    Jangan terlalu banyak belajar, secukupnya aja, biar nggak stres :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bgt,. Aminn, harus sukses!! Hhe

      Hapus
  2. Semoga masuk PTN favorit kaka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa semoga yee, ehh elu kls brp sih?? Gue kira kita senasib??

      Hapus
  3. CIYEEEE MAU UN~ :D
    Selamat ya (masih) ketemu UN, semoga sukses :D
    Btw baru tau bahasa "kerpean" :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh kok selamat??:'D
      Kerpe.an = contekan,, hihi

      Hapus
  4. Yang punya pacar, putusin aja dulu pacarnya !! #salamjomblo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, trus kalo yg kaga punya pcr gimana?? Putusin pacar orang??XD

      Hapus
  5. Widih.. UN ya? Untung uda lewat.. Hahah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaah, curang lu,, pdhl kita kan se.umuran (pura.pura.tua) :D

      Hapus
    2. Mukak ku emang keliatan muda siiiih.. :P

      Hapus
  6. Tenaaang, UN itu menyenangkan kok. :d Yang penting baik2 aja ama temen, biar dapet contekan :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhh,, tapi kan ntar ada 20 paket soal, kaga bisa dung mnta contekan dri temen..hhe

      Hapus
  7. Balasan
    1. kerpean itu contekan kak, ato kertas yang isinya rumus-rumus gitu.

      Hapus
  8. Sama lah ya, 2015 ini UN juga, masuk kuliah juga. SUKSES AJADAH UNTUK KITA SEMUA. AMIIIIN O;)

    BalasHapus
  9. Hahaha Tips UN begini mah dijamin nilainya Bagus, iya bagus deh kayaknya mah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,,yaa gak ada jaminan.nya juga sih^^

      Hapus
    2. Setidaknya bisa mengendorkan urat yang tegang sebelum menghadapi ujian setelah baca postingan ini :D

      Hapus
  10. Kalau Harus milih mending Un drpada SKRIPSI
    haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,, tpi gue msh blm tw sih skripsi it kek gmana,

      Hapus
  11. Ini nih yang bikin aku jadi religius dulu. UN...

    Tips yang pertama macam iklan sabun ajah.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sih juga brpikir kek gitu kak:D

      Hapus