Pages

BAGI RAPOT

Kamis, 25 Desember 2014



Akhir-akhir ini, setelah gue ulangan, gue selalu merasa tak tenang, nilai-nilai ulangan gue kalah tinggi sama salah 1 temen gue di kelas. Wahhh, kayaknya posisi ranking gue yang sempurna itu bakal di rebut dia. Tapi sebenernya wajar aja sih, soalnya di dalem kelas, keliatannya lebih pinter dia deh, dia pun lebih aktif ketika guru ngasi tugas atau soal. Sedangkan gue malah sering nyontek ke dia. Tapi anehnya, kenapa semester lalu ranking gue lebih tinggi dari dia?. Awas aja kalo ada yang bilang, kalo bokap gue nyogok guru pake batu bara.

Dan ternyata bener firasat gue, kalo ranking gue turun. Gak turun jauh sih sebenernya, cuman 1 tingkat aja, tapi cukuplah itu untuk membuat gue jadi gundah gulana + memar merah muda di paha. Soalnya sebelom bagi rapot itu, gue dapet kiriman tentang data ranking kelas di Line, kaga tau dapet dari mana.

Lantaran takut kalo ntar nyokap gue malah shock terus nangis-nangis sambil guling-guling di tengah lapangan sekolah karena melihat penurunan ranking gue saat bagi rapot, maka dengan ini, gue ngambil tindakan : nunjukin duluan data ranking kelas gue ke nyokap.
“yahhh, ranking ku turun mahh,..” pasang wajah kaya orang kaga makan 2 tahun.

“lhoo, kamu tau dari mana??” nyokap gue kaget, dan menghentikan nge-BC-in orang, (promosi obat kecantikan).

“nih mah, dari line, kaga tau temen dapet dari mana,..”. gue duduk di samping nyokap.

“lhaa, kok temen kamu bisa dapet, inikan belum bagi rapott???”

“ga tau deh ma, tapi kayaknya ranking Raga turun gara-gara lupa sholat tahajud deh”

“tuh kann mama bilang!! Jangan lupa sholat tahajud mas!! Udah mama ingetin berapa kali kan?!”  Nyokap rada marah, paha gue di cubit. Tapi yang gue heran, KOK NYOKAP MARAHNYA BUKAN KARENA RANKING GUE TURUN SIHH??!! Marahnya itu gara-gara gue lupa sholat tahajud.

“i-iya ma, eh tapi ma, SNMPTN atau jalur undangan kuliah itu gak mandang ranking deh ma,.”. Gue coba kasi alesan lagi untuk mengurangi rasa kekecewaan nyokap. Padahal keliatannya nyokap kaga ada marah+kecewa tuh sama gue, malah dia lanjut ng-BC tentang obat kecantikan.

Wahhh, berarti nyokap sudah aman. Tinggal Bokap. Masalahnya Bokap gue ini yang paling memerhatiin prestasi gue di sekolah, kalo nyokap sih bodo amat, yang penting gue sehat, senang, dan kuat beribadah aja.

Malem tiba.

Bokap tak pulang-pulang. Gue tinggal tidur. Rapot yang diambilkan nyokap siang tadi gue taruh di atas lemari.

Besok subuhnya gue dikejutkan bokap yang lagi ngembaliin rapot ke atas lemari di kamar gue.  Lha bokap libur kerja toh ternyata? OMG, bagaimana ini.?? Gue kira bokap udah berangkat kerja lagi kaya biasanya.

Gue pura-pura tidur. Dan pura-pura ngorok, tapi suara ngorok gue itu mirip klakson mobil, susah banget di praktekin kalo gue udah sadar gini.

“mas, bangunn!!”. Aduhh bokap kayaknya marah.

“mmmhh??”. Gue pura-pura lagi.

“Ini sudah jam berapa??!! Solat subuh dulu…, kamu mau jadi penyembah matahari???!!” 

Gue langsung melek. Dan berdiri dari ranjang.

“ranking mu nurun mas?!” kata bokap, berdiri di depan pintu kamar. Tangannya yang 1 kebelakang, Nampak lagi megang rotan. Antara gue mau di gebukin, atau bokap nyuruh gue garu-in punggungnya pake rotan?

“i-iya pa..”. Jantung gue berdetak tak beraturan.

“tapi nilai kamu gak nurun kok, nilai mu masih bagus-bagus aja, gak apa mas, gak usah kecewa,.”. setelah itu bokap pergi.

Gue masih berdiri, otak gue saat itu seakan gak berkerja.

Jadi, bokap gue kaga marah??? Anehnya, kok malah bokap yang nenangin gue? Padahal tadi gue udah cari alesan kenapa ranking gue turun, seperti : “pa, sebenernya ranking Raga turun itu karena raga sering telat masuk sekolah. Itu pa, motor punya Raga udah di gadai-in buat bantu biaya operasi temen yang idungnya kemasukan tutup spidol pa, jadi tiap hari Raga sekolah jalan kaki.”

Atau, “pa, Raga tau kalo harga batu bara turun. Jadi Raga bantu papa cari uang, tiap senen Raga gak masuk sekolah untuk berkerja, jadi bendera.

Well, syukurlah bokap dan nyokap gue kaga marah. Beruntung gue punya orang tua yang bisa ngerti kalo gue udah berusaha.

4 komentar:

  1. jadi kangen gue sama masa sekolah.. diomelin masalah nilai turun, ranking turun de el el, haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah orang tua, tapi itu tandanya ortu kita peduli sama kita, hehe
      well. elo udah kuliah yee??

      Hapus
  2. anak jaman sekarang, rangking turun langsung update di blog, hadudu,,, tapi daripada frustasi jadi mending dicritain aja ya,, siapa tau banyak malaikat lewat yang kasih semangat,, :D memangnya mau kuliah dimana? ambil jurusan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyee nih kak, dasar anak muda jaman sekarang,,
      Welehhh, amin.amin,, hhe
      Niatnya di Undip kak, jurusannya kalo kaga arsitek, tehnik sipil, tapi doakan aja somoga lulus Sma,,hehe

      Hapus