Pages

TIPS BERPUASA ALA OTAK KECIL

Selasa, 15 Juli 2014




Oh ya, mumpung waktu gue nulis post ini berada dalam bulan Ramadhan, tentunya lebih baik gue nulis tentang hal-hal yang bersangkutan dengan ibadah bulan Ramadhan, ya kan?. Nahh, kali ini (pertama kali), gue mau ngasih tips ke eloo – elo semuah. Kalo ada yang mencari tips “bagaimana caranya agar bisa makan (baca:ngebatalin puasa) tanpa ketahuan orang”, di sini BUKAN tempatnya. Apalagi kalo ada yang cari ; “bagaimana caranya meminum racun tikus tapi gak keracunan??”. Atau-atau ; “bagaimana caranya agar tidak ketahuan saat membakar rumah orang?”.

Di sini gak ada tips-tips begituan, takut aja kalo ntar malah rumah gue yang dibakar. Lagi pula, saat ini gue akan memberikan tips yang judulnya : 

“bagaimana caranya agar tidak cepat lapar saat berpuasa”.

Tapi, sebelumnya, gue mau nanya, kalian waktu bulan Ramadahan pada puasa kan?hemmmm, pernah gak waktu puasa kalian kelaparan, terus merengek-rengek minta buka puasa waktu adzan zuhur ke nyokap? Tapi nyokap loe tetep aja gak ngebolehin. Loe merengek lagi masih tetep gak di bolehin. Dan akhirnnya loe malah di kasih makanan kucing saat masih  merengek untuk yang ketiga kalinya. Tapi loe malah tambah merengek lagi saat di kasih makanan kucing. karena nyokap loe kesel, alhasil loe langsung di buang ke laut.

Kadang, bagi beberapa orang, kelaparan juga dapat menyulitkan kita dalam beraktifitas. Karena kelaparan kita menjadi tidak punya tenaga. Yang sebelum puasanya kita bisa mengangkat karung semen tangan satu, sekarang kita cuman bisa mengangkat ember tampa isi dengan tangan satu. Yang dulunya kita bisa lempar lembing sampai sejauh 20 meter, sekarang kita cuman bisa lempar guling sejauh 2 meter. Yang dulunya kita bisa ngunyah beling, sekarang kita gak bisa ngunyah apa-apa kalo lagi berpuasa.
Tapi tenang aja. Gue udah nyiapin tips untuk loe-loe semua, agar tidak mudah kelaparan. Makadari itu, simaklah tips-tips di bawah ini :

        1.    Hal yang pertama yang tentu harus dilakukan adalah , ber- niat berpuasa. Iyaa, jika anda tidak berniat puasa, maka percumalahh saya memberikan tips ini.

           2.   Usahakan, saat sahur makan makanan yang bernilai gizi tinggi. Disini saya tidak menganjurkan untuk makan sejenis kunci inggris atau besi rongsokan untuk mendapatkan nilai gizi yang tinggi, karena saya tau anda juga tidak akan memakannya. 

            3.   Makan-lah dengan cukup banyak agar tidak mudah kelaparan di siang hari. Saya anjurkan untuk makan kurma saja 2 kilo, bijinya jangan dimakan. Sekali lagi jangan.

          4.   Jika anda merasa mules, jangan dikeluarkan dulu. Karna kalo anda keluarkan, maka berakhirlah usaha anda. Cobalah untuk tidak berada di tempat yang dingin agar rasa mules tidak menjadi-jadi. Atau jika anda percaya mitos, cobalah untuk menggenggam sebuah batu, untuk meringankan rasa mules di perut anda.

          5.   Selesai sahur, sebaiknya jangan tidur dulu. Lebih baik anda sholat Subuh kemudian isi dengan membaca Al-Qur’an atau ibadah yang lainnya. Karena jika anda tidur, energy anda akan cepat habis, dan siangnya anda akan merasa lemas.

        6.   Saat pagi hari, kerjakannlah aktivitas ringan. Se- perti menjemur pakaian, menyapu halaman, memberi makan hewan ternak (kalo punya), atau mecahin kaca jendela rumah tetangga sebelah.

           7.   Jika sudah tidak punya kerjaan atau aktivitas, untuk mengisi waktu yang kosong lebih baik anda bermain game saja. Ajak juga tuh teman-teman anda untuk main game bersama. Atau mungkin kalo ada yang gak suka main game, baca novel juga seru tuh, tapi jangan novel yang bisa bikin nangis bagi pembacanya, apalagi novel yang bisa bikin pembacanya gantung diri. (emang ada ya?). atau-atau baca Blog ‘OTAK KECIL’ juga seru tuh. Yaa, walopun isinya malah mirip majalah ibu-ibu jaman dulu.

           8.   Hindari semua yang berbau makanan. Kalo ada makanan di dekat kita , lebih baik kita menjauh saja. Atau kalo emang niat, gali aja lubang di tanah, terus masukan aja makanan tadi, dengan itu anda tidak akan melihatnya lagi. Terus,Kalo ada majalah tentang masakan, bakar aja walopun punya mama. Kalo ada tukang es krim lewat, lempar aja pake tombak. Waduhh. Oh ya, ketinggalan, kalo anda pengen nonton tv tapi takut ada iklan tentang makanan, maka saya menyarankan untuk menyiapkan batu alam sebesar genggaman tangan orang dewasa. Kemudian letakan di samping tubuh anda. Jika-jika ada iklan tentang makanan lewat. Lempar aja tuh tv pake batu yang sudah di siapkan sebelumnya, dengan itu anda akan terhindar dari pengaruh jahat iklan makanan.

            9.   Jika ada bau atau aroma masakan yang menggoda hidung anda, hal    yang sangat ampuh dilakukan adalah masukin kepala anda di dalam bak mandi selama kurang-lebih 1 setengah jam. Otomatis anda tidak akan mencium lagi aroma masakan tadi.

 10. Jangan kerjakan tips nomor 9, jika anda masih menyayangi nyawa   anda.

  11.  Jika sudah merasa ngantuk, tidur saja. Tapi alangkah baiknya jika hal itu dikerjakan setelah sholat Ashar. Kenapa?. Itu dikarenakan, pada sore hari, adalah puncak dari kelaparan dan kelemasan tubuh anda. Oleh sebab itu, saya menganjurkan anda untuk tidur. Keuntungannya pun beraneka ragam. Pertama, anda tidak akan merasakan lapar dan lemas jika tertidur. Kedua, anda dapat mengisi waktu yang kosong, sehingga disaat anda bangun, ternyata 5 menit lagi sudah mau buka puasa. Ketiga, tidur itu juga ibadah jika di dalam bulan Ramadhan. Empat, dapat menghilangkan niat anda untuk makan secara diam-diam.

  12. Dan hal terakhir yang harus dilakukan adalah, kerjakan hal-hal yang bermanfaat, perbanyaklah ibadah, serta jauhilah hal-hal yang berbau kejahatan. Perbanyaklah doa agar tidak mudah cepat lapar(kalo perlu ya). Jangan mengganggu orang yang berpuasa, seperti main petasan di dalam rumah orang yang sedang tidur.

Okay semoga tips ini bermanfaat bagi loe-lo semua. Maafin gue kalo ngasih tips-nya rada ngawur.(yahhh ketahuan). Semoga aja setelah memposting tips ini, gue gak dilemparin pake telor burung unta. Karena selain susah di cari, sayang juga kan kalo telor mahal begitu cuman untuk dilemparin ke orang gila seperti gue.
Hemmm, selamat menunaikan Ibadah Puasa.
Assalamualaikum..
Salam Otak kecil..!!!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar