Pages

TRIO ORANG UTAN

Rabu, 18 Juni 2014



Bagi yang setia “nge-baca” blog gue, ataupun yang cuman suka “nge-buka” doang, atau juga barangkali ada yang cuman suka tersesat di blog gue doang. Ma’aph beuuudh yach, gue udah lama enggha nge-posting.(gaya ABG Alay terserang virus Alzheimer). Soalnya minggu-minggu kemaren lagi mati-matian atau mati-beneran, bertempur dengan yang namanya Ulangan Semester (Gue masih sekolah). Gue takut aja,. kalo misalnya gue tetep bersikeras nge-post, terus tiba-tiba ada pembaca yang gak suka atau gak terima dengan post baru gue itu. Dan akibatnya di saat gue lagi serius ulangan, kepala gue di lempar pake ban mobil dari belakang. Hingga membuat kepala gue bocor.  Dan gue jadi gak bisa ikut ulangan di hari-hari berikutnya, lantaran harus di rawat di RS. #tragis amat#

Kali ini, dan seperti kali-kali sebelumnya, gue masih kepengen nulis masa lalu diri gue sendiri yang gak jauh beda sama masa lalunya se-ekor anak unggas yang menderita akibat mengetahui nasibnya di masa depan akan dipanggang . Masa lalu gue emang suram. Tapi juga ada sih kebahagiian yang nyelip di situ. Walopun cuman sedikit. Yahhh, Bisa diibaratkan, kebahagian gue waktu SMP ini seperti “Setetes air di padang pasir”. #CTARRRRT!!!#suara petir supaya keliatan lebih angker.

Sebenernya kehidupan gue waktu SD dan SMP itu, gak beda-beda amet. Bedanya paling kalo pas SD gue pake celana Merah, kalo Smp biru. Anak-anak SD yang buta warna juga pasti tau perbedaan itu. Bedanya lagi : waktu SD gue ngebuat Geng, tapi kalo Smp gue sudah mengenal apa yang namanya Sahabat.#tepuk tangann!#

Gue punya sahabat. Mereka manusia, bukan hewan ternak. Walopun kalo di jejerin sama mereka. Kami malah mirip domba-domba yang lagi selfie bareng. Mereka adalah :

1.  Fajar
Anak ini adalah keturunan Nyokap dan Bokapnya. Walopun begitu, banyak yang ngira kalo Fajar adalah keturunan Siluman Buaya.
Hal ini jelas banget dapat di lihat dari tampangnya yang luar biasa itu. Uhhh gue jadi gak tega ngomongnya. Fisik Fajar emang gak begitu besar sihh,. Yaa gak beda jauh lahh sama Jenglot penjaga kuburan kalo dijejerin.#canda#. Tiap hari Fajar pergi ke sekolah dengan jalan kaki. Memang rumahnya gak begitu jauh dari sekolah. Tapi banyak banget medan  bahaya yang harus dia lewati seperti : 1. Sungai dan jembatan kayunya yang kalo dilindes sama teng bisa ambruk.  2.jalan yang mendaki seperti pegunungan. Jadi tiap hari Fajar mendaki gunung kalo mau ke sekolah 3.rumah anjing.#gue jadi langsung pengen nyanyi: “Tuhan kan berikann,. Jalaanann,, Ooo,o,oo” seperti soundtracknya acara “Orang pinggiran”.#

2. Aji
Sering disamakan dengan orang-orangan sawah buatan negri Arab yang hangus akibat terkena radiasi nuklir. Sahabat gue satu ini emang polos banget. kepolosan gue aja kalah sama dia, ada tuh gara-gara kepolosannya membuat kami hampir celaka. Saat gue dan fajar lagi usil ngotak-atik sepeda motor orang. Dan ditanya oleh Aji : “ngapain kalian??”. Jawab Fajar : “ehh, enggak. Ini kami lagi ngebaikin bannya aja.” .dia langsung noleh kebelakang dan teriak-teriak : “oiiii,. Siapa sih nih yang motornya rusak?? Tuh di otak-atik Raga sama Fajar,..!!!!”.Mendengar hal itu, mulut Aji langsung kami sumpel pake batu asahan.

3. Gue
Adalah manusia yang paling sempurna di antara Aji dan Fajar, kalo mereka berdua dilindes pake truck pembawa semen. Sebenernya gak ada hal special di diri gue. Paling-paling gue cuman bisa menggambar. Pernah sewaktu-waktu gue coba menggambar wajahnya Aji. Ehhh, ternyata hasilnya malah mirip mayat kera yang mati terkena abu vulkanik. 

Sebenarnya gue kenal sama Fajar udah dari SD, dan jadi lebih akrab waktu kami kenal si Aji yang orangnya emang rada-rada gila-jaim kalo ngobrol sama orang. Tapi malah itulah yang menghipnotis gue dan Fajar agar mau berteman dengannya. #Ajaib!!#

Ini bermula di saat kami mengikuti tes wawancara untuk diseleksi sebagai siswa baru SMP Hasbunallah.  Suasana saat itu emang tegang banget. Gue dan calon-calon murid yang lain lagi serius-seriusnya belajar. Dan gue masih dapat melihat sosok-sosok zombie di antara mereka. Dari situ gue langsung menarik sebuah opini, “apa yang ngebuat tampang mereka mirip zombie : 1.akibat berdagang  bergadang karena belajar.  2.mungkin hal ini di sebabkan karena adanya jadwal ronda wajib di sekitar sekolah bagi calon murid, dan yang belum kena giliran cuman gue.#muka gue serius#.
Gue tepiskan pikiran konyol itu. Takutnya ntar pas wawancara ntar gue jadi dihantui jadwal ronda wajib. Misalnya :

Guru : “Apa alasan kamu daftar di SMP Hasbunallah?”

Gue   : “mmmmm,… grrrr “. Gue gemeteran (hampir pingsan).

Guru : “kok kamu gemeteran?? Kamu sakit???”. Guru mulai khawatir.

Gue   : “sa-saya takut kena giliran ronda wajib di sekolah ini buu,…”

Dan reaksi sang guru  : “oh, seharusnya kamu daftar di SLB aja,..!”

Gue kembali baca buku. Ehh, lagi-lagi di otak gue beda lagi dengan isi buku yang gue baca.
Gue ngebaca : “rumus mencari luas lingkaran samadengan phi kali r kuadrat, rumus mencari luas persegi samadengan panjang kali lebar”.

Yang masuk ke otak : “kapann yaa gue kena jadwal ronda?? Sekolah disini kan angker.!!. kalo ntar ada kuntilanak lagi pacaran sama pocong gimana,..!!!?kan gue gak suka jadi obat nyamuk!!!!”  

TIBA-TIBA……

“PLAKKKK!!!”. Gue merasa ada yang menampar bahu gue. Menghentikan pengaksesan informasi tentang jadwal ronda. Dengan refleks gue langsung noleh.

Ternyata Fajar. Yang nampar bahu gue (jadi gini ya sapaan waktu bertemu dengan seseorang ala anak SMP). “apaan loe jar???!” gue berbicara seperti orang yang hobby mencari musuh. 

“udahhh, gak usah belajarr,…” katanya sok santai. Emmm, tapi emang santai sihh, terlihat dari penampilannya yang santai. Dia cuman pake kaos oblong, celana kain panjang warna hitam, gak bawa tas, dan pake sandal jepit. Ini orang niatnya pengen tes, atau malah pengen menanam padi??. Gue salut.

“emang loe udah siap?? Pake acara santai segala,..”. gue mencoba nakut-nakutin dia. Saat itu padahal gue pengen nanya : “Jar, elo sudah kena jadwal ronda?”. Tapi gue urungkan.

“siap lahh,..” ala gaya santainya.

“emang persiapan lo apa???”

“hemmmmmh,..”. dia sok cool banget sambil mengibaskan rambutnya yang mirip gorden warteg itu. membuat gue penasaran akan persiapannya.

“apaa jaar???”. Gue Tanya dia sekali lagi.

“hemmm, enggaa ada……………, Tapi!!!…. Santaiiii ajaa,..” 

Hening.
Gue langsung pengen lempar dia ke danau.

“Ga,..? elo tau gak siapa orang yang di ujung sana???” katanya sambil nunjuk seseorang. Mengalihkan niat gue untuk melemparnya ke danau.

“siapa emangnya???” gue ngeliatin tuh orang dari jauh. Kayak albino tapi item. Mirip orang Arab tapi bukan se-spesies gue.

“dari tadi gue liatin, dia ketawa sendiri terus,..”. Fajar menggunakan wajah mata-matanya.

“masa?? Emang ada gitu orang yang semacem itu daftar sekolah?? mmmm, mungkin aja dia lagi tersesat, dan malah menjadikan pojokan dinding itu jadi rumah barunya.,”

“heheee,. Kayaknya,… kita samperin aja gimana??”

“ehh, jangannn,… ntar kalo pas tiba-tiba dia ngeluarin goloknya, dan nodong kita gimana???”gue memikirkan hal terburuk. Ini akibat jarang keluar rumah.

 Tapi Fajar kayaknya gak menghiraukan kata-kata gue. Dia langsung aja nyerocos menuju kediaman tuh orang. Dari sini, gue dapat menarik opini: Fajar ternyata seorang ditektif!! Kerennnn.

Setelah beberapa menit…
“Gaaa!!! Siniii!!! Aman kok,…” katanya dari jauh. Mendengar kata “Aman”, gue jadi merasa kalo yang akan gue deketin ini sejenis bom.

Gue jalan menuju mereka. Dengan perasaan was-was.
“Gaa,.. namanya Aji ternyata,..” Kata Fajar seolah lagi menjodohkan gue sama temen barunya itu.

“hai Ji,.. gue Raga,..”. Kata gue ngenalin diri.

“kenalinnn,..! Nama Ana .Fajrianoor, tapi kalian berdua bisa panggil Ana “Aji”,..”

“wowww,.. Elo orang Arab..???” Kata Fajar sangat Antusias. Seakan lagi berbicara dengan orang asing (baca: Alien) di depannya.

“bukannn,. Gue orang Tanjung, cumann muka gue aja yang mirip orang Arab,.”. katanya bersama kepedeannya yang berlebihan.

“wahhh,. Kerennn,. Gimana kalo elo jadi temen kita berdua??”

“Jarrr! Elo yakin mau temenan sama dia??? Elo gak takut??” kata gue berbisik di telinga Fajar. Bukan di telinganya Aji. Yaiiyaalahh!!!.

“tenangg aja,. Dia sudah jinak kok,.. …”

“BBUAKKKKK”. Potongan kayu yang berasal dari kursi menghantam bahu Fajar.
“Elo kira ana Binatang?? Pake kata jinak-jinak segala,..”. Aji seperti marah. Tapi mukanya lagi bercanda. Bikin gue bingung.

“lohh, kok elo sewot?? Elo binatang bukann??”.

“mmmm, bukann,..” kata Aji mikir.

“kok elo marah???!!”

“mmmmmm,. Kenapa yaa,..??”. Aji seakan terkena beban pikiran yang amat besar. Mungkin inilah asal-usul kegilaan Aji.

Gue sendiri sihh juga bingungg, apa yang Fajar bilang barusan. Apa gue se-spesies sama Aji?? OH TIDAKKK!!. #gue langsung terjun dari lantai 2 sekolah ini#

Dan mulai situ gue jadi akrab dengan mereka berdua. Syukurnya kami ternyata sama-sama di terima di SMP Hasbunallah. Gue sama Fajar sekelas, dan Aji di kelas sebelah. Tiap hari kami slalu bersama, mirip Topeng Monyet : Fajar pemain musiknya, sedangkan gue dan Aji jadi monyetnya. #Waduhh#. Dan banyak hal yang kami ukir bersama. Pengennya ngukir di batu, supaya jadi prasasti dan menjadi sejarah di masa depan. Tapi karena resiko jari kami bisa buntung gara-gara kena pahat. Akhirnya. gak jadi. 

Gue inget banget waktu kami (hampir) membuat sebuah band dengan posisi fajar sebagai Gitaris, Aji sebagai vokalis, dan gue sebagai drummer, akan tetapi karena kurangnya dana, terpaksa gue cuman bisa gendang-gendang meja dan malah membuat gue ditegur kepala sekolah. Gue inget waktu kunci sepeda motor gue ilang, dan dengan setianya para sahabat gue ini ngecariin dengan penuh perjuangan seperti melawan Belanda waktu penjajahan, ehh ternyata kuncinya ada di tas ransel yang gue pake, akibat ituu sepada motor gue langsung mereka bakar(canda).

Gue inget juga waktu kami bertiga masak nasi pake api unggun di saat kegiatan berkemah, dan hasilnya malah mirip Marsmallownya spongebob yang terkontaminasi dengan lahar panas gunung berapi.

Gue lupa,..(lupa?) waktu Gue kepeleset saat berwudlu di danau, bukannya nolongin, ehh sahabat gue malah ngetawaiin, karena gak terima langsung aja gue lemparin mereka pake beling tanah liat cair. Dan berhasil mengenai muka Aji.

Gue inget waktu kami jatuh cinta bareng. Bukannn!! Bukan jatuh cinta dengan AJI dan Fajarr, bukann juga jatuh cinta dengan 1 cewek. Tapi kami jatuh cinta dalam waktu yang bersamaan. #inikah sahabat sejati?#
Dan yang paling gue ingett, ketika kami membuat nama persahabatan. Awalnya gue nolak, lantaran masih trauma dengan nama geng waktu SD dulu. Tapi setelah sekiann lama nya bernegoisasi akhirnya tercipta juga sebuah nama : TIGA SAHABAT.

Entah karena perasaan gue doang, gue merasa nama TIGA SAHABAT itu, malah mirip nama warung tenda sari laut ya? Atau malah mirip merk semen?.

Banyak kenangan yang  gue inget. Gue jadi Nostalgia sendirian sambil guling-guling di jalan raya. Pernah gue berpikir (baca : Berhayal), mungkin suatu saat nanti kami dapat membuat grub komedian seperti “cagur” dan “bajaj”, atau kami dapat membuat boyband seperti “Hitz” dan “CJR” , atau juga kami bisa bikin semacam “trio macan”. Woooww. Tapi nampaknya kami lebih berbakat menjadi “TRIO ORANG UTAN”. Bisa aja kan setelah lulus SMP nanti kami kerja sampingan di kebun binatang, itung-itung nambah uang jajan.

Mengingat semua kenangan ini, membuat gue berpikir : 

Walopun hidup gue waktu SMP seperti “Rintihan derita anak unggas” dan walaupun kebahagiaan gue cuman terselip di balik kesuraman seperti “setetes air di padang pasir”. Tapi di balik semua itu, kehadiran para sahabat gue sudah menemani “anak unggas yang menderita” tadi. Dan telah membuat “setes air di padang pasir” tadi menjadi sebuah setetes air berasa manis ,yang dapat dikenang sepanjang jantung masih bisa berdetak kencang.

Gue si Otak Kecil,
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar