Pages

KEAJAIBAN NOSTALGIA

Minggu, 17 Agustus 2014



Nostalgia. Elo tau arti ‘Nostalgia’ itu apaan??.  Pernah gak mengalami yang namanya nostalgia?? Atau-atau elo pernah gak nostalgia-an bareng temen lama?. Terus pernah juga gak nostalgia sambil maen musik mengelilingi rumah orang yang kebakaran? (bukannya malah nolongin, ini malah ngeganggu pemadam kebakaran yang mau lewat. kurang kerjaan banget).

Nostalgia emang marak terjadi di berbagai kalangan. Terutama orang dewasa, karena tentunya ia banyak mempunyai teman lama dan juga sudah menjalani hidup yang lebih lama. Dan itulah juga sebabnya kita harus mempunyai teman sejak dini, soalnya di kala kita sudah dewasa, kita bisa juga tuh ngerasain gimana rasanya ‘Nostalgia’. Kebayang deh gimana jadinya gue ntar kalo emang gak punya temen, di kala ada reunian SMP atau SD, yahh syukur aja kalo sahabat-sahabat gue pada datang, ya kalo enggak??. Di saat-saat orang lain pada nostalgia-nostalgia-an, guenya malah asik mulungin sampah bekas minuman kaleng. Aduhh keliatan deh bakat pemulungnya. Atau misalnya di saat orang pada foto-foto bareng teman lama mereka, guenya cuman bisa ngefotoin doang, dan setelah itu gue dikasih uang dua ribuan selese ngefoto. Apa maksudnya coba??, rasanya gue jadi pengen membumihanguskan gedung beserta orang-orang yang terlibat didalamnya.

Tapi tenang aja, sekarang masa-masa kelam-gelap-gulita-mati-lampu itu sudah berakhir. Sekarang gue sudah punya teman. Horeeee.

Okke, beralih dari situ. Pertanyaan pertama tadi belum kejawab lho. Tentang : ‘apa itu arti nostalgia?’. Oke, biar gue jelasin, arti nostalgia itu adalah Mengenang, terserah mau mengenang masa lalu kek, mau mengenang kejadian atau pengalaman manis yang pernah dialami dulu kek, atau mengenang jasa pahlawan yang telah gugur mendahului kita juga boleh. Hehe. (oh ya mumpung waktu nulis post ini tepat pada tanggal 17 agustus, gue mau ngucapin ‘selamat merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 69 ya, trus jangan lupa juga untuk bagi-bagi hadiahnya kalo kalian menang dalam lomba makan pinang, hehe ) . back to street, Kegiatan mengenang ini biasanya dilakukan bersama teman, atau lebih tepatnya teman lama, kegiatannya pun bermacam-macam, ada yang cuman sekedar ngobrol-ngobrol doang, ada yang sambil buka album kenangan, sambil dinner, atau kalo mau lebih extreme bisa juga tuh ajak temennya ngobrol di atas patung pancoran sesambil selfie bareng. Emang bisa ya?

Kemudian, kegiatan nostalgia ini gak nentu waktunya kapan. Yahh, tergantung kapan kita ketemu sama temen lamanya aja, dan tempatnya pun juga gak nentu. Mungkin bisa aja ditentuin kalo emang udah ada janjian mau ketemu dimana jam berapa. 

Tapi kali ini, gue terjebak dalam ruang nostalgia-an, dalam waktu dan tempat yang tak terduga : di area mesjid waktu sholat jumat.

Ehm, jadi gini ceritanya.
Siang jumat kemaren itu, emang hari yang cukup panas, apalagi kalo kita cuman pake kolor terus guling-guling di aspal, wuihhhh kebayang deh gimana panasnya, tapi tenang aja gue belom pernah nyoba (siapa juga yang mau nyoba). Dan ada juga hal lain yang harus gue derita selain kepanasan, hal yang selalu diderita orang yang sedang berpuasa 1 minggu berturut-turut : lapar. Iya, rasa lapar+panas itu ibarat kita sedang berjalan kaki di gurun sahara tanpa membawa bekal dan alas kaki. Rasa yang kalo dibiarkan bertahun-tahun bisa berbahaya, bahkan mematikan!. 

Hari jumat ini emang bukan jadwal gue untuk makan di kantin, alasannya selain pengen makan masakannya nyokap, gue juga pengen irit. Tapi karena faktor kebiasaan makan jam 10, alhasil cacing-cacing di dalam perut gue tauran memperebutkan sisa makanan terakhir, membuat kepala gue pusing dan mual-mual. (ini malah mirip gejala hamil).

Dan loe tau apa yang terjadi waktu gue sampe dirumah dan minta makan ke nyokap?? Benerr banget!!!! nyokap lagi masak,..!!! dan elo tau ini jam berapa??!!!!. Ini sudah jam 12 lewattt!!!!!. Bujug busettt, di saat-saat cacing gue menderita, nyokap baru aja mulai masak makanan yang mungkin baru aja selesai waktu gue sholat jumat ntar, gak mungkin kan gue makan ayam hidup punya tetangga atau makan makanan unggas. Gue dilema. Ini adalah pilihan yang sulit, mau pilih makan tapi ntar berdosa gara-gara gak jumatan, atau kepikiran makanan waktu sholat??. Dengan pemikiran yang sudah dipikir-pikir. Gue pilih,…. Jum’atan.

“Maafkanlah aku wahai cacing-cacing di dalam perutku. Tapi ibadah adalah urusan nomor satu, aku mohon kalian pahamilah diriku. Ohh wahai cacingku,.. oh ya ntar kalo diriku keminum obat cacing, mohon dimaafin ya”. pikir gue di lubuk hati yang paling dalam, sambil mengendarai sepeda motor menuju masjid.

Kini adzan sedang dikumandangkan setelah gue baru aja sampe. Panasnya hari membuat gue jadi lemes, gue berjalan lesu menuju mesjid, wahh, semoga aja ntar pahala gue tambah banyak. Hehe

Gue berdiri di samping pintu, disela-sela menunggu adzan selesai di kumandangkan. Tiba-tiba, di saat-saat perut gue keroncongan, entah karena mata gue mulai berhalusinasi, atau gue emang sudah pingsan dan bermimpi. Gue seakan melihat sesosok makhluk hitam berjalan menuju pintu mesjid. 

Gue terus melototi makhluk bersosok hitam tadi dengan wajah heran dicampur dungu. Beberapa pertanyaan pun mulai bertimbulan : Apakah dia adalah malaikat pencabut nyawa??? Apakah sebentar lagi nyawa gue akan dicabut?? Apakah Negara Jepang punya alat pemusnah semut Afrika??. 

Dan semua pertanyaan itu tidak terjawab. 

Sesosok makhluk hitam tadi,…

Ternyata,…

Adalah,..

AJI.

Iyaa si Aji!!!! Ingatkan sama Aji? Salah satu sahabat gue yang mirip orang-orangan sawah milik negri Arab yang hangus kena radiasi nuklir itu? Nahh, yang dihadapan gue ini adalah dia,!  Makhluk yang gue kira malaikat pencabut nyawa.
“Ajiii!!??”. Panggil gue shock. “elo Aji kann???”.

Aji diem, melototi gue, gue jadi takut. “eh, emmm, siapa nih??”

Gubrakkk!!! Dia gak mengenali sahabatnya sendiri!! Rasanya gue pengen ngejedotin kepalanya ke tiang mesjid 10 kali supaya dia ingat. #itu harlem shake ya?#

“ya ampun, ini gue ji!! Ragaa!!!” gue ngomong sedikit lebih keras, sepertinya orang-orang di dalam mesjid denger deh apa isi percakapan antara malaikat pencabut nyawa dan gembel kelaparan ini.

“ohhh, Raga!!! Emmm, raga mana ya???” katanya sambil berpikir. “Raga? Oh Ragaaaa,. .” katanya lagi, yang dialog kedua ini keliatan banget bohongnya. 

Lantaran gak terima, gue langsung masuk ke mesjid, gue cari-cari tempat yang diapit oleh jamaah lain, suapaya Aji gak ngikutin gue. Akhirnya dia duduk di barisan depan, beda 4 baris dari kedudukan gue.

Gue duduk bersila. “kenapa ya kok Aji sampe gak mengenali sahabatnya sendiri?? Padahal kan kita baru aja pisah 2 tahun yang lalu,…”. Hemmm, mungkin aja Aji gak mengenali gue lantaran muka gue mirip ikan lele kuning yang terkena debu meteor kali ya??. Hufft, beban pikiran bertambah lagi. 

Panas ditambah lapar ditambah beban pikiran sama dengan mau mati. 

Udah lah, mungkin sebaiknya gak usah terlalu dipikirkan. Dari pada gue mati. Mendingan gue ngedengerin khotbah jum’at. Alim ceritanya, padahal apa yang didengarkan masuk telinga kanan keluar hidung kiri.

Hemmm.
Beberapa menit kemudian, ibadah sholat jum’at telah selesai dilaksanakan. Gue keluar mesjid bersama rasa lapar yang dari tadi membully tubuh ini. Rasanya gue pengen makan rerumputan liar secara membabibuta, kalo aja rumput itu bisa dimakan.

Di tengah perasaan tak jelas ini. Ada seseorang yang menabok pundak gue pake pohon kelapa. Ada seseorang yang menepuk pundak gue dari belakang.
“ga!! Tungguin guee,..!”

Gue noleh kesamping. “Ajii? Kenapa??”. Jawab gue berespon kayak cewek lagi pms.

“loe masih ingat kan sama gue???!”. 

Goblok. Padahal dia yang lupa sama gue, kenapa dia kembali nanya. Hufft, rasanya gue pengen bilang : “LO SIAPE?? GUE GAK KENAL SAMA LOE!! DASAR BITCH!!!!!”, sambil mamerin wajah ala tante-tante jahat lagi kesurupan. Tapi gue gak tega, mungkin aja dulu kepala Aji pernah terbentur petikemas, makanya loadingnya rada lama.

“iyee, gue masih ingat. Loe sekarang sekolah dimana??” kata gue sampe di parkiran mesjid.

“wahhh, kirain lo udah gak inget sama gue, masa ah sama sahabat sendiri lupa,. HAHAHAHA.” Aji ketawa gak jelas, gue masukin spion mobil ke dalam mulutnya. “gue mondok di pesantren ga, elo??”

Wahh, ternyata si Aji mondok toh. Pantesan aja penampilannya beda banget, pake gamis warna hitam lahh, peci warna hitam lah, di tambah sorban di bahunya. Mirip anggota ISIS!!! Iya ISIS!!. Mungkin ingatan Aji di cuci, supaya mau gabung di golongan ini!!.

“ohh, anak pesantren. Tapi lo bukan termasuk dalam golongan ISIS kan??.”  Kata gue mengintrogasi. Sesambil siap-siap manggil polisi.

“ISIS??heheheheheheheee,. ISIS ya? Hahaahaahaha..” Aji ketawa garing. Mukanya masih serius…… Gawat.  

Gue alihkan pembicaraan. “gue di SMAN 1, ji.. “

“ohhh, SMAN 1?? Dimana ya????” 

Busettt,. Kayaknya dugaan gue emang bener. Ingatan Aji  telah dicuci!.
“emmm, kayaknya susah deh ngobrol di sini,.” Gue cari-cari alasan untuk kabur. Takut aja kalo ntar orang-orang ISIS keluar di lobang hidung Aji, dan langsung melakukan ritual pencucian otak ke gue. Emang gak masuk akal sih.

“ahh, gak apa-apa. Besok gue udah balik ke pondok,.!.”

“eh, oke-oke.. rumah lo masih tetep yang dulu kan??”

“masih lahh!,. “

“yaaa, kirain aja udah kebakar atoo hilang ditelen bumi.. hehehe”. Gue mencoba tidak takut.

“enak ajaa! Oh ya ga.. Fajar gimanaa??”.

Lohh, kok sama Fajar loading mikirnya gak lama??. Hemmm, mungkin dengan sedikit lebih lama ngobrol sama Aji, ingetannya akan pulih.
Hari ini gue akan nostalgia dengan dia.

“waduhh, si Fajar gue belom tau gimana kabarnya, btw, motor loe masih yang kayak dulu ji?? Motor butut gitu masih di pake,  hehe. Inget gak waktu dulu  motor lo perah mogok di tengah jalan? Dan elo hampir mati tertabrak mobil?hehehe”

“wahh, sialan lo ga! Gue kan mondok, jadi gak perlu pake sepeda motor..”

“oh gituu, lha, terus kenapa gak lo jual aja??”

“kayaknya gak mungkin laku deh……”. Muka Aji pasrah.

Banyak yang kami obrolkan, terutama kejadian gila yang pernah kami alami, kenangan-kenangan itu seakan terkuak dengan sendirinya di saat kami sedang asik mengobrol. Semoga aja ingatan si Aji kembali pada tempatnya, dan tetep mengingat gue sebagai sahabat lamanya. Detik-demi detik, menit-demi-menit, telah kami lewati. Rasa lapar pun sudah tak terasa lagi. Ternyata selain untuk mengingatkan kenangan, Nostalgia juga memiliki khasiat lain yang lebih menakjubkan.

Tapi, masih ada 1 pertanyaan di dalam hati gue :
“Apakah Aji emang bener terlibat dalam kelompok, ISIS??”

Gue si Otak Kecil,
Terimakasih.

1 komentar:

  1. mungkin aja Ga...
    dari namanya aja 'a-j-i' keren banget kan...
    dalam bahasa jawa Aji nama anak laki-laki. sedangkan isis dalam bahasa jawa memiliki arti angin yang sepoi-sepoi gitu #sok-tau-gue
    [gak ada hubungannya]

    BalasHapus