Pages

MANCING BARENG KELUARGA

Kamis, 25 Desember 2014


Oke, liburan pertama.

Kemanakah dan apakah yang akan gue lakukan untuk menghabiskan waktu dihari liburan pertama ini?? 

Nonton tv? Bosen. 

Ke warnet? Lagi kaga nafsu.

Nyabu bareng temen? Sudah insyaf.

Mmmm, ngantri bensin di pom sambil main korek api?? Lagi kaga mau masuk penjara.

Oke, liburan pertama kayaknya gue gak ada rencana mau kemana-mana deh. Habis sholat subuh gue duduk di teras, sambil ngecek blog. Tiba-tiba bokap berdiri di samping pintu, oh ya, bokap gue juga lagi libur 1 hari dan barusan sebelum gue bangun, bokap udah periksa my rapot.

“mas, hari ini ikut mancing ya,.?”

“mancing?? Dimana??”. Kata gue kaget, soalnya gue kaga suka mancing.

“udahh ikut aja,. kamu gak ngapa-ngapain juga dirumah”. 

Hemm, gue diem. bener juga sih, gak ada alasan gue kaga ikut. Lagian gue kaga ada rencana juga hari ini, mending gue ikut mancing bareng keluarga. Tapii, kenapa harus mancing? Gue paling kaga suka kalo mancing, soalnya sudah 3 kali (dari gue lahir sampe sekarang) gue mancing ehh kaga pernah dapet ikan. 

Rencana berangkat jam setengah 10. Paginya gue masih sempet main basket sama temen-temen.

Dan pulangnya, gue langsung masuk rumah. Anehnya kok rumah gue jadi bau gini sih, apa jangan-jangan Rena (adek gue yang paling kecil) eek di ruang keluarga?. Gue yang penasaran jalan mendekati sumber. 

Ternyataaa,..
Bokap gue lagi meracik umpan. 

“pa, kok jadi bau gini sih???”. Gue heran.

“itu mas, masa papa bikin umpannya di campur terasi.. oekkkk”. Kata Rafi.

“terasi???! Kok pake terasi???!”

“kan ikannya ikan kampung mas, ikan kampung suka makan umpan yang amis-amis”

“tapi bau paa, ntar aku gak mau masang umpannya di kail..!” protes Rafi.

Dari tadi kami berdua protes, cuman si Rena yang kaga protes, kayaknya dia enjoy aja tuh dengan bau rumah yang sudah kaya bau mayat ikan paus gini. 

“udahh, kamu diem aja, ntar papa yang pasangin, kamu tinggal mancing..”

“fi, emang yang di campur papa apaan??”. Bisik gue ke Rafi.

“ituu, terasi, mie, tepung, garam, sama bama..”

“bama atau pellet?? Mmm, pake bama ikan??”. Gue mulai heran.

“bama ayam mas.”
Buset, sebenernya kami ini mau mancing ikan atau mancing ayam di empang??. Kalo ntar gue protes ke Bokap, bokap pasti bilang “kan ikan kampung mas, ikannya punya paruh, sama taji”

Kayaknya umpat bokap ini kaga akan berhasil deh. Gue inisiatif, cari jenis umpan yang ampuh di gogel. Dan ternyata umpan yang disukai ikan di empang itu ternyata lumut. Wah berarti kaki gue bisa dimakan ikan dung, kalo nyebur di empang?!

Jam setengah 11 kami berangkat, molor 1 jam dari janji. 

Sampe di sana udah jam setengah 12, orang-orang sudah pada selesai mancing. 

Kemudian, bokap dengan rasa percaya dirinya, berjalan membawa pancing dan seplastik penuh umpan. Iya bokap gak tanggung-tanggung bikin umpan, tadi aja udah ngabisin, 2 bungkus mi, sama 1 kilo bama ayam + terasi. Emang ikannya segede apa??! Gak mungkin kan di dalem empang ini ada ikan yang mampu nelan umpan segede bola kasti?

Kami duduk di pojokan empang, bokap ngeluarin pancing, dan memasang umpan di kail gede-gede. Terus dengan rasa percaya diri lagi bokap ngelempar kail+umpan ke tengah empang. Tapi, belum jatoh ke air, umpannya sudah hilang, tenggelam duluan. Terus karena pancing yang kepanjangan + udah lama kaga mancing, alhasil kail yang bokap ingin ambil terus di pasang umpan lagi itu nyangkut di pipi Rena. Suasana chaos.

Raut wajah bokap  mulai panik, gimana enggak, kail pancing udah nyangkut di pipi adek gue!! Langsung bokap lempar pancingan dari genggamannya, dan ternyata itu malah membuat kail yang nancep di pipi Rena juga ikut ketarik, gue langsung angkat pancingannya, bokap kemudian pelan-pelan melepas kail di pipi Rena, mata Rena pun mulai berair, tapi untunglah kail itu berhasil di lepas. 

Oke itu adalah cara pemanasan mancing yang sangat baik.
Kami lanjut mancing, 1 jam berlalu kaga dapet-dapet. Hari tentu udah semakin memanas, di sebelah kami ada orang yang dari tadi berhasil dapet ikan terus. 

Penasaran, gue deketin nih orang diam-diam.
Eee ternyata ikan di empang ini bukan ikan kampung! Orang ini ternyata mancing bukan pake racikan pelet, tapi pake ikan bakar. Wowww, ternyata selain ikan ini ikan kota, ikan ini juga sejenis sumanto!.

Gue dan Rafi diam-diam beralih pake umpan ikan bakar.
Dan tentunya 5 menit kemudian pacing gue di tarik ikan!!, terus sakin kagetnya, pancingnya gue kasih ke bokap. Adduhhh.

Bokap berhasil menarik ikan, dan ternyata ikan lele yang di dapat “ampuh kan umpan papa,..”

Gue pengen ngeles, tapi gue takut jadi ikan lele karna kualat.

Selanjutnya umpan Rafi yang dimakan!! 

Tapii, kok bentuknya item panjang gitu ya?

Kok bisa meliuk-liuk lincah di air???

Ternyataaa,.
Ular yang adek gue dapet. Hebat.

Liburan pertama : Mancing bareng keluarga, ternyata bosan-bosan-mengasikkan juga, dapet ikan pertama dan dapet kulit hangus juga. Tapi tak apalah, kapan lagi bisa begini sama keluarga kalo gue ntar sudah kuliah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar