Pages

WORKSHOP?? APAAN TUH??

Minggu, 05 Oktober 2014



Halo guys, mmmm, udah lama banget yakh gue kagak ngirim post. #sok imut banget sehh#. Iya jadi kemaren-kemaren itu gue lagi sibuk-sibuknya belajar dan sakit-sakitan(gara-gara kebanyakan ngirup asap kebakaran hutan), jadi gak punya pengalaman baru buat di certain disini (yaa, masa gue harus cerita “pengalaman gue waktu batuk berdahak dihadapan guru?”. atau-atau “pengalaman gue saat belajar matematika sambil jadi kenek angkot”?)

Oh ya minggu lalu gue ngirim cerpen. Niatnya emang buat lomba tingkat kabupaten, (yang mau liat cerpennya bisa liat di post CERPEN: TETAPLAH MENJADI SAHABATKU) gue tau ada lomba itu, saat ngeliat iklan di mading sekolah. Dan kronologi gue mengikuti lomba ini karena gue berpikir “Iklannya aja cuman di tempel di mading, gak menarik banget! paling yang daftar cuman dikit. Kali aja ntar nama gue sangkut jadi juara.” Gak logis emang, tapi cukuplah untuk menguatkan tekad gue untuk nulis tuh cerpen. 

1 minggu berlalu, bu Ipeh manggil, gue keluar dari dalam kelas.
“raga, ada surat undangan nih, ntar jam 1 kamu ke gedung informasi ya..” kata bu Ipeh sambil memberikan surat undangan.

“lhoo? Undangan apa bu?”. Gue emang kagak tau apa-apa.

“ga tau, baca aja. Sama Adha juga,..” Ibu Ipeh kemudian pergi, gue baca-baca surat undangan itu. Ehh, ternyata bener, gue di undang ke gedung informasi, katanya buat mengikuti workshop.

Gue diem.

Gue mulai berpikir.

“Apaan tuh Workshop??? “ 

Kalo diartikan ke bahasa Indonesia sih, artinya kerja toko???. Gue baca ke bawah lagi.

“serta pengumuman pemenang lomba menulis cerpen”. 

Ohhh, bearti ini ada hubungannya sama lomba cerpen yang gue ikuti semalem. Tapi kok di gedung informasi?? Emang seberapa banyak pesertanya?. Gue tambah bingung. Ya bingung aja, soalnya kan kalo pesertanya dikit, seharusnya pengumumannya dirumah-rumah gitu aja, ato kalo mau lebih irit bisa di sms, gak usah di gedung segala.

Tepat jam 1 gue ke gedung informasi bareng sama si Adha, biar ada temen. Pengennya ngajak pacar, tapi sayang gue kagak punya pacar. #galau, sambil main sabun#. Kami masuk ke dalam.

Dan gue orang yang sok tau, jalan di depan Adha (padahalkan baru pertama kali ke sini). Jalan beberapa langkah, gue ketemu pintu, gue pikir di situ ruangannya. Tanpa pikir panjang gue langsung nengok ke balik pintu. Ternyataa,..

Di situ banyak mbak-mbak dan mas-mas panitia pada ngumpul makan siang. Ternyataa, gue kaget! Dan mereka juga kaget! Gue heran! Mereka juga heran!! Ternyataa, ada jeda beberapa detik di saat kami sama-sama kaget. Mirip ftv. Selanjutnya gue nganga dan si kakak panitia ngelempar telor Unta ke mulut gue. (emang Unta bertelor??)

Adha menepuk pundak gue, gue langsung sadar. Mungkin sebaiknya biar Adha  yang menunjukan jalan, untung aja tadi yang gue intip bukan wc cewek. Bisa barabe kan ntar.

Kami memasuki ruangan workshopnya, meja-meja di tata menyerupai huruf U, dan ada mik duduk di setiap mejanya juga. Seperti ruangan debat atau rapat. Keren emang, tapi gue jadi takut. “Apakah ntar kami di sini bakal debat???”. Jangankan debat, rapat kelas aja gue hampir nangis. Apalagi kalo debat bareng orang yang kagak gue kenal, haruskah gue balik ke rumah? Atau gue harus pura-pura jadi pocong waktu debat ntar?

Jam sudah menunjukan pukul 1 lewat 13, yang datang cuman 4 orang termasuk gue dan Adha. Wahhh, ternyata emang bener, pesertanya emang dikit!. Gue semakin optimis.

Jam setengah 2, datang 2 orang cewek. Jadi totalnya sudah 6 orang, masih bukan sesuatu yang besar. Gue masih cukup tenang.

2 orang cewek tadi mendatangi, dan duduk di dekat kami.

“Adhaa!! Udah lama??” kata salah 1 cewek. Yang duduk di sebelah kiri gue, sedangkan Adha di sebelah kanan gue. Nampaknya ia temennya Adha.

“ohhh, elo peserta juga??!”. Adha menjawab dengan antusias yang tinggi.
Kemudian, mereka lanjut ngobrol. Gue kagak ngerti sama sekali yang mereka omongkan.

“sudah baca novel breaking dawn?”. Si cewek ngeluarin novel dari dalam tasnya. Gue perhatiin dengan saksama.

Busettt!! Itu novel apa batako? Gile! Tebel banget, mungkin kalo gue punya 952juta buku yang tebelnya kek gitu, mungkin gue bisa bikin istana dengan buku sebagai pengganti bata. 

“jadi lo nyuruh gue baca itu?? “ kata Adha.

“emm, enggak juga sih, gue udah tau kok lo udah pernah baca nih buku”

“hehe, tapi ada beberapa bagian yang gue lewatin. Tapi, yang gue kecewa, kenapa malah di adopsi jadi film GGS??”.

GGS?? Jadi GGS itu hasil dari adopsian Breaking Dawn?? Wow, entah guenya yang katro, atw mereka yang terlalu hebat? Kayaknya emang guenya yang bermasalah deh, nonton GGS aja jarang banget, cz tipi di rumah gue kagak ada channel SCTV. Jadi kalo mau nonton GGS gue mungkin harus pergi ke mol, cari tempat yang jualan tipi-tipi, terus nonton GGS di sana. Tapi di kota gue kagak ada mol.

Kemudian mereka membahas soal puisi.

“kalo gue sih biasanya baca puisi karangan  Chairil Anwar, orang yang fanatik banget tentang sastra”. Kata si cewek. Wow, gue sama sekali kagak paham apa yang mereka omongkan, hemm kalo gue boleh berpendapat sih. Gue sukanya puisi karangan Mpu Tantular. #yang mao gantung gue di tiang bendera, gantung aja!#

“tapi sayang beliau meninggal muda, oh ya, kapan nih ke nasional? Gue udah loh..”

“gue juga udah,. Kemaren baca puisi sudah nyampe nasional..”

Mereka terus mengobrol. Semua yang mereka bahas tentang sastra, sedangkan gue kagak ngerti apa-apa soal sastra, coba mereka ngebahas soal ‘Penggunaan Obat KB yang benar’ mungkin gue bisa nyambung. Gue disini, yang duduk di tengah-tengah mereka seakan menjadi patung peninggalan  Majapahit yang diletakan di diantara kedua makhluk ini, sambil berdoa supaya mereka mengakhiri obrolannya. Tapi 1 hal yang gue tau, ternyata di sebelah gue ini adalah makhluk-makhluk sastra.

Acara hampir dimuai. Di hadapan dan disebelah kiri kanan gue, sudah di isi oleh anak-anak pelajar. Jumlahnya kurang lebih 30 orang. 30 ORANG??!!!, busett, banyak bangett. Padahalkan harapan gue, yang jadi pesertanya cuman 5 orang, kenapa bisa sebanyak ini??!!! *supaya lebih dramatis* KENAPAAAAAAHHHHHHH??? #langsung Epilepsi dilanjutkan dengan harlem shake#

“Dha, kok pesertanya banyak banget ya??” Tanya gue ke Adha.

Adha gak nanggepin pertanyaan gue, dia asik mendadah-dadahin supir angkot di seberang. SUPIR ANGKOT?? KENAPA ADA SUPIR ANGKOT DI GEDUNG INI??? Ohh, ternyata bukan supir angkot, itu temennya Adha juga. Maklum mata gue minus.

“lhoo, kok banyak banget kenalan lo di sini Dha??”. Gue heran.

“ya-iya lahhh! Mereka kan ikut Komunitas Penulis Remaja, dan ada sebagian temen gue waktu lomba resensi semalem”

“Hahh??!!! Komunitas Penulis? Ada gitu? Jadi di peserta di sini dari komunitas penulis??”

“ada lah, kebetulan gue ketuanya. Lo hebat juga, bisa ikut workshop ini, padahal kan cuman di pilih 30 orang doang,.”

Jeh, jadi 30 orang di dalam ruangan ini bukan semua peserta? Lalu ada berapa yang yang daftar lomba ini??! Ternyata dugaan gue salah banget. gue jadi kepengen pulang ke kebun binatang, iya di situlah tempat gue seharusnya.

“Adik-adik sekalian, kalian itu beruntung banget lho bisa ikut workshop ini, kalian beruntung dari pelajar-pelajar lainnya yang bisa ketemu dan diberi pelatihan langsung sama mas Gol A Gong, dan keluarganya,……” si moderator membuka acara dengan gaya yang santai.

“Dha, Gol A Gong itu siapa??” bisik gue ke Adha.

“lhoo, itu narasumbernya gaa, dia itu penuis terkenal, masa lo kagak tau? Gue curiga,. Kayaknya elo jarang baca buku deh??”

“ohh, gue kira Gol itu Golongan, ternyata nama orang yaa,..hehehee”. mengalingkan pembicaraan.

“Gol A Gong ituu, nama penanya gaaa.”. jawab Adha datar, wajahnya seakan melukiskan kecurigaan dengan gue.

Gue bertanya-tanya lagi dalam hati, Apaan lagi tuh nama pena? Kalo gue nanya ke Adha : “apaan lagi tuh nama pena?”. Gue jamin dia bakal jawab : “kok elo bisa di sini seh???”.

Setelah itu mas Gol A Gong, menyampaikan materinya. Banyak banget ilmu yang gue dapet di sini, gue semangat. Tapi, waktu mas Gong nanya beberapa pertanyaan seperti : “apa itu plot?”, atau “buatkan contoh kalimat yang mengandung latar tempat”, gue malah mati di tempat sampah. Gue sih padahal bisa aja, cuman lantaran mental gue di bawah rata-rata, dan kebugaran jasmani yang kurang baik, makanya gue gugup mau jawab.

Jam udah pukul 4 sore.
Setelah semua itu selesai. Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba menulis cerpen. Dan inilah hal yang kami semua tunggu-tunggu, wajah peserta-peserta lain di sekeliling gue tampak pucat, ada juga yang komat-kamit baca istigfar, dan gue yang berbekal pengetahuaan akan agama yang sangat tinggi, malah sholat Tahajud dan sholat Taubat di atas meja. Ya engga lahhh!!. Gue juga ikut-ikutan gugup kalee, dan akibat aura makhluk-makhluk sastra di sebelah gue ini, gue jadi pesimis.
 
“okay, langsung aja, kakak akan mengumumkan yang akan jadi juara dalam lomba menulis cerpen ini,…. 

“Juara 3!!!!,……
………
“dari SMAN 1 Tanjung!!!!!!,…

Hahhhh??!!! SMAN 1 Tanjung?!!! Wahhh, wajah gue langsung berseringai dan bercahaya setelah gue tau kalo Adha ternyata kagak ngirim cerpennya, dia ternyata ikut lomba resensi.

“wahhh, siapa lagi kalo bukan eloo, Sman 1 kan cuman ngirim 1 orang,…hehe”. Kata Adha ke gue. Gue nunduk-nunduk malu kaya bangkai, menunggu nama gue akan dipanggil ke depan.

“Ehhh, maaf-maaf, bukan SMAN 1 Tanjung, tapi SMAN 1 TANTA, atas nama Lia,….”
.
.
WHAT THE FUCK!!!! 
Gembelgondesbabingepettersambarpetirmukelokayaobeng!!!!
Apa-apaan ini???!! Gue seakan dipermainkan, seakan seperti di PHPin, semangat gue langsung buyar, kepala gue pusing, mata gue berkunang-kunang, perut gue mules (gak ada hubungannya kale) pengen banget gue lempar pake sepatu tuh kakak panitia brengsek.

“wahhh, kagak dapet ga,..”

“hehehehehee……hehehehee”. Gue ketawa garing, nyari gergaji di dalam tas.

Sampai saat ini gue teringet-inget terus tentang kejadian itu. Coba dari awal nama sekalah gue kagak di sebut kan gak masalah, jadi gue kagak kepedean kayak gini. Tapi gue mungkin bisa belajar juga dari situ, ternyata di PHP itu gak enak. (walopun kagak nyambung sih).

Dan untuk itu, Mari kita, Pemuda-Pemudi Indonesia, BerJanji Untuk Tidak nge-PHP Orang Lain!!!! Horassss!!!

Yahhh, walopun gue kagak menang. Tapi kagak apalah, kan niatnya cuman iseng-iseng aja ngirim tuh cerpen. Sudah untung banget bisa ikut workshop yang narasumbernya Mas Gong, wahhh semoga aja skill nulis gue tambah hebat yakh.

Oh ya, met Idul Adha juga nihh bagi yang beragama Islam. Hemmm, bagi yang gemuk (beratbadandiatasratarata) sayangilah nyawa anda, jangan sering-sering keluar rumah, waktu Idul Adha. Hehe.

Gue si Otak Kecil,
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar