Pages

SEBELUM GUE BER-METAMORFOSIS.

Rabu, 30 April 2014



Selamat pagi-siang-sore-malam-tengahmalam-subuh para pemirsa.
Berjumpa lagi bersama gueh. Si otak kecil yang gila. Pada pertemuan kedua kali ini, gue akan mengungkap identitas asli diri gue sendiri kepada kalian, melalui blog prasejarah yang gue lahirkan sendiri ini. JADI GUEE PERNAH HAMIL?????!! 

Engga ding. Gue engga hamil. Dan gak akan pernah hamil!!. Karena gueee,…

Adalahhhh,….

Seorangg,……..

COWOK,..!!!!!

Iya gue adalah seorang cowok tulen, bukan buatan,bukan juga sejenis maianan. Tahun 1997 lalu, tempatnya di Kudus jawa tengah,gue baru aja keluar dari rahim ibu gue sendiri, bukan ibunya orang#yaiiyaalahh!!# waktu itu gue masih sangat kecil dan tak bisa apa-apa. Gue masih belom tau bagaimana itu dunia dan isinya. Dari keadaan seperti itulah, yang sangat berbahaya bagi keselamatan hidup gue. Padahal bisa saja dalam keadaan tak berdaya itu, gue dimakan kucing, atau dibawa semut ke sarangnya. Tapi untunglah hal-hal semacam itu tak terjadi. mengapa demikian??

Itu semua karena gue punya orang tua.

Iyalah Bokap dan Nyokap gue,.

Mereka senantiasa menjaga diri gue dari bahaya yang mengancam. Bersama mereka gue jadi merasa nyaman,aman, dan tentram. Kalo gue tidur, mereka selalu menemani gue, kalo gue boker di cebokin, kalo bau gue kaya kembang pasir,di mandiin, kalo gue mati di kafanin? #Waduhhh#
Kalau mereka lagi sibuk pun, gue biasanya engga di taruh di lantai gitu aja. Bokap gue udah nyiapin sebuah ranjang bayi yang cukup mewah untuk kategori bayi sepantaran gue. Tiangnya yang tinggi, dan di setiap tiang dilengkapi dengan kapur ajaib, membuat gue aman dari jangkauan kucing dan semut.

Waktu bayi dulu, banyak yang bilang muka gue ini mirip dengan bule di campur dengan orang arab. Engga kaya sekarang. Muka gue malah mirip ikan lele di campur orang arab. Gue jadi bertanya-tanya dalam hati “Apakah ini metamorphosis orang yang berwajah (mirip) bule??”

Memang sih, waktu gue masih bayi. Kulit gue ini putih banget kayak bule, hidung gue mancung, alis gue tebel kayak orang arab. Tapi setelah gue bermetamorfosis. Cuman satu saja yang berubah, tapi cukup membuktikan bahwa metamorphosis orang berwajah (mirip) bule, memang jadinya seperti “Ikan Lele”. Yaitu... “Kulit”

Gak tau kenapa kulit gue yang dulunya seputih salju, sekarang malah seputih Aspal? Memang banyak sih opini-opini yang menyebabkan kulit gue jadi begini. Salah satunya : 1. Karena suhu yang panas akibat pemanasan global. waktu gue masih berkulit bule itu, seharusnya nyokap cepat-cepat mengirim gue ke kutub utara,supaya udaranya tetap dingin,dan kulit gue tetep putih. Akan tetapi ada resiko yang harus gue terima. Gue di makan beruang kutub waktu main air. Melihat resiko itu, kami malah pindah ke kota Tenggarong. Kampung halaman nyokap gue. Padahal suhu udara di Kalimantan jauh lebih panas daripada di Jawa.  2. Gue disantet orang. Karena gue suka kencing sembarangan di rumah orang, tapi gue mainin air kencingnya, dan dicipratkan ke muka orang yang akan nyantet gue.
Waktu masih balita dulu. Gue orangnya emang aktif dan usil, ada sepupu lewat di depan,gue selonjorin kaki biar  dia nyandung, dan nangis ngadu ke nyokapnya. Ada sofa baru yang masih di plastikin, pelan-pelan tangan gue nge.usil.in tuh plastik. Bahkan, waktu gue liburan ke  rumah nenek di jawa, gue pernah loh nyemil cat kering yang rusak di dinding#bangga#.

Menginjak bangku SD, perilaku gue perlahan berubah. Gue sudah gak usil lagi. Tapi gue malah jadi sejenis upil yang berteman sesama upil. Yup, upil itu gue ibaratkan seperti benda kecil, yang terbuang. Bukannya gue dibuang. Tapi guenya sendiri yang membuang diri dari teman-teman gue yang sedikit lebih gaul dan brutal. Karena gak punya teman, saat menginjak kelas 5 SD, akhirnya gue pindah ke kota Tanjung, Kalimantan selatan.
Keadaan geografis di Tanjung gak beda jauh seperti di Tenggarong. Kalo di Tenggarong daerahnya dataran, kalo di Tanjung daerahnya dataran tapi ada bukitnya dikit-dikit. Tapi masih nginjak tanah kok! #bego yahh gue??#
Awal pertama masuk SD baru, gue dianterin sama Nyokap. Tapi gak cuman nganterin gue doang! Nyokap juga nganterin Rafi ( adek gue yang baru masuk SD), posisi SD adek, sama posisi SD yang gue tuju emang bagaikan kutub utara dan kutub selatan. Akibat perbedaan jarak yang signifikan itu. Gue telat di hari awal  bersekolah di SD baru.

“Mamahh,. Gimana nih??Raga Telattt!!” Gue di depan gerbang sekolah.

“Udah mas, ikhlasin aja,.. paling gurunya ntar bisa memaklumi,.” Jawab nyokap santai.

Gue makin gugup “ntar kalo gurunya marah, terus Raga di suruh makan batang salak gimana???” gue memikirkan kemungkinan terburuk.

“udahh ah!! Gak usah kek gitu,. Ntar mama yang urus!!”

Gue diem.

Kami terus berjalan. Sampe-sampe sudah di depan kelas.

“tuhh kan mah!! Gurunya sudah masuk,.” Gue takut kalo ntar gue bener-bener di suruh makan batang salak.

“Assalamualaikum,..” panggil nyokap dari luar, sambil mengetok pintu. Saat ini nyokap masih bertindak normal. Gue takutnya kalo ntar nyokap teriak-teriak di luar, panggil-panggil tuh guru yang ngajar. Terus gurunya takut ngebukain pintu. Dan akhirnya nyokap sendiri yang akan mendobrak pintu, sambil nodongin pistol. Dan bilang “ Ini anak gue!! Kalo merasa keberatan dengan kehadirannya, akan berhadapan langsung dengan gue!!! Ingat itu!!”
Untungnya saat ini tidak begitu.

Datang seseorang dari dalam dan membukakan pintu “waalaikumsalam,. Kenapa bu??” 

“ini anak saya pak, Baru pindah ke SD 2 Tanjung ini, mmm, apa betul ini kelas 5B??”

“oh iyaa, betul bu, ayo, anaknya silakan masuk,.” Jawab gurunya ramah, kayak spg di mall-mall. Tapi dia ini cowok-_-.

“oh iya pak,. Maaf ya kalo terlambat, soalnya tadi nganter adiknya dulu,.” Jawab nyokap dan mulai pergi.

“iya gak apa-apa buu,.sebagai hukumannya anak ibu akan saya suruh makan batang salak,..WHAHAHAHAHAAA

Melihat nyokap pergi, gue jadi pengen teriak kaya di senetron-senetron. Tapi niat itu gue urungkan. Gue takut kalo ntar bener-bener disuruh makan batang salak.
Gue masuk ke kelas. Setelah nyokap engga keliatan lagi.
“mmmm, sementara kamu duduk di belakang dulu ya,. Ga apa-apa duduk berdua sama dia, soalnya mejanya belum ada.” Kata guru menunjuk 2 kursi dan 1 meja di pojokan belakang. Di situ ada juga anak laki-laki yang baru pindah bareng gue kemaren. Namanya Fadil(nama disamarkan, takut mengusik keberadaannya)..

“iya pak,. “jawab gue menuju ke tempat duduk.

Entah mengapa. Dari gue masuk ke dalam kelas tadi, kok banyak yang merhatiin gue? Terutama cewek. Apa ada yang salah dengan diri gue?? Apa gue lupa make celana?gue langsung meraba di daerah bawah. Oh untungnya gue masih make celana.

“gue duduk di sini yaa,..” gue menarik kursi di dekat Fadil

“oh iya.. silakan,. Btw, kok elo lambat banget datangnya??” tanyanya sambil mengelap ingusnya. Maklum anak sd.

Padahal gue mau bilang “ohh, tadi nyokap nganter gue pake mobil. Terus terjebak macet, makanya baru nyampe sekarang..” tapi gak jadi. Gue pilih jujur aja. Soalnya semua orang pasti tau. Kalo kota yang gue tempati sekarang gak mungkin macet, kayak Jakarta. Takutnya entar dia malah ngakak ngetawaiin gue. Dan pak guru melempar potongan keramik kearah kami karena di anggap lagi bercanda saat beliau menjelaskan.
Sambil memperhatikan penjelasan dari pak guru. Gue merasa masih ada yang aneh. Lagi-lagi para cewek seaakan berbisik-bisik ngomongin gue. Apa gue terlalu geer?? Kalo mereka ngomongin “eh murid baru ituu, gantengg bangett yahh,..!” itu gak masalah. Yang gue gak mau, kalo mereka bilang.”ihh, kok murid baru itu kepalanya mirip anjing bulldog peliharaan gue sihh??” 

“ehhm,. Mumpung waktu masih ada. Gimana kalo kita dengarkan perkenalan dari teman baru kalian??” pak guru, memecahkan pikiran gue.

“setujuuu pak!!!!” kata murid-murid yang lain.

Gue merasa seperti ingin di ejek dan dilempari beling, waktu mereka bilang gitu.

“ayoo,. Siapa yang mau maju duluan??” 

Gue dan Fadil hening. Gemeteran mau maju.

“okey,. Gimana kalo sesuai absen aja,..?? mmmmm, menurut absen, yang maju duluan adalahhh,…..” kata pak guru seperti mc di banci mencari bakat.

“Fadil Kurniadi,..!!!”

“hufffttt,..”gue lega sesaat.

“teman. Gue akan berjuang. Doakan ya…!” Fadil mengucapkan kata-kata terakhirnya.

“eeeem, selamat pagi. 

“Nama saya Fadil Kurlniadi,
“saya pindahan darli Balikpapan,.
“terima kasih.” Fadil langsung duduk. 

Sunyi. 

Hal yang baru gue tau. Ternyata Fadil gak bisa ngomong huruf R.
Tapiiii, kok dia cepet amet sih perkenalannya? Jangan-jangan habis ini giliran gue??? “Gleg”  gue menelan ludah

“selanjutnya,… 

Gue panas-dingin,..

“adalahh,…!!!!

Gue deg-deg-an bangett, rasanya badan gue lemes.

“MUHAMMAD NAUFAL RAGA,..!!!!

Gue pingsan,.
Lebay yakh,. Gue engga secemen itu. Gue langsung maju saat pak guru memanggil nama gue. Mmmm, tapi kok ada yang aneh? Bukann,. Bukan soal cewek. Gue merasa ada sesuatu yang hangat ngalir di celana gue. APA JANGAN-JANGANN??!!!

“Assalamualaikum,.. perlkenalkan,..nama saya M. Naufal Graga Platama,.Saya pindahan darli Kota Tenggalrong KalTim., dan saya tinggal di jalan tanjung indah,. ” gue baru nyadar. Kalo gue juga gak bisa ngomong huruf R.

“mmmm, TTL??” kata salah 1 cewek di depan gue

“saya lahir di Kudus, 10 July 1997,.”

Saat itu gue mendengar 2 respon langsung. Yang pertama : “ihhhh,. Zodiac kamu cancer kan?? Kita sama dunk,..?”respon cewek yang nanya tadi. Gue jawab aja “i-iya kali”. Sedangkan yang kedua : “hahh?? KARDUS??? Elo lahir di kardus?? MasyaAllah,.” Untuk respon yang kedua ini. Gue pilih diem aja.

“oh yaa,. Kamu  anak ke berapa??” ada seorang cewek lagi yang nanya dari belakang

“1,.” Jawab gue datar. Gue waktu SD orangnya emang sok cool.

“oh yaa lagi.. dari berapa saudara??” Tanya.nya lagi

“3,…..”

“emmmmmmm,,. Kalo orang tuamu???” Tanya lagi si cewek. Nitil emang.

“lhoo, maksud nya apa nih??” gue merasa pertanyaan si cewek agak gila.

”masih lengkap??”

“iyaaa!” gue rada kesal

“eh Raga!!. Makanan-minuman-warna kesukaan kamu apaa??” lagi-lagi cewek yang nanya. Kenapa mereka ini??

“mmmm, aku sukanya nasi gokreng, minum susu milo, sama walna hijau setengah tua setengah muda, masih abg gitu. Sama walna abu-abu kegelapan.”

“ada lagi??” Pak guru bertanya kepada murid-murid.

“oh yaa,.. ini untuk yang terakhir…

“kamu udah punya pacar????” Tanya cewek 

Waduhhh,.. kok si cewek satu ini nanyanya kek gitu?apa memang bener ya waktu SD, gue ini ganteng? Waktu SD kayaknya kulit gue emang masih rada putih. Gue belum bermetamorfosis, rambut gue pun belah tengah kaya artis luar negri tapi gak tau namanya dan orangnya#kok gue bisa bilang mirip?#. Mmmm, atau mereka nanya “punya pacar” itu karena sekolah di SD 2 Tanjung ini harus punya pacar?? Tapi masa ah anak SD sudah pacaran??

“untuk pertanyaan yang satu ini, kamu gak perlu jawab, silakan duduk,..” kata pak guru waktu gue masih mikir

“yahhhhhhhhh!!!!bapakkk!!!!!” cewek-cewek ngeluh.

Gue kembali duduk. Lonceng istirahat pun berbunyi. Kami semua keluar dari kelas. Setelah itu mengikuti pelajaran seperti biasa. Dan akhirnya pulang.
Gue kaget waktu di rumah!! Di dalam tas gue ada berabagi jenis amplop. Tapi gak ada isinya. Dari ke 5 amplop. Gue nemu suatu tulisan, kaya cacing keminum obat cacing, : “I love you”. 

Sekarang gue baru yakin. Kalo wajah gue(dulu),…. emang ganteng#cieelahhh!!#
Tapi ada yang masih membuat gue ragu. Yang nulis kalimat “I love you” itu. Cewek apa cowok????

Pikiran gila itu gue buang jauh-jauh. Gak penting cewek ato cowok yang bilang kalimat itu,.#sebenernya gue juga masih  jijik sihh, kalo memang bener cowok yang nulis..# Tapi, yang terpenting,… gue sudah di terima dengan baik oleh teman-teman dan para guru di sekolah baru ini. 

Gue si Otak Kecil.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar