Pages

TERNYATA SD SAMA SMP ITU BEDA

Sabtu, 31 Mei 2014



SMP.

Hemmm, SMP.

Apa itu SMP???

Sekolah Menengah Pertama, atau Sekolah Menjadi Pemulung?? Atau juga Sekolah Masa Prasejarah??

Ahh, itu gak penting. Karna gue kali ini akan membahas waktu gue SMA dulu. SMA???? Hehee, maaf gue salah tulis. Yang bener SMP. #kenapa gak gue hapus aja ya?#

Biasanya yang namanya SMP itu, di ibaratkan dengan bawahan biru tua, dan kemeja warna putihnya. Tapi beda dengan SMP gue. Smp Hasbunallah. Yang membuat peraturan tentang,….

Bukann!, bukan peraturan “gak boleh pake celana!!” tapi peraturan tentang seragam sekolah yang bawahannya biru tua. Dan kemejanya warna biru muda. Emang warna gradasi yang bagus. Dan menjadi mudah untuk dikenal  oleh para penculik anak-anak SMP. Gue jadi takut.

Pernah tuh gue ngebayangin, akibat seragam yang warnanya aneh gini, gue jadi di culik alien, dan di masukin ke dalam kebun binatang mereka.

Tapi, Gue sih gak keberatan dengan peraturan sekolah itu. Gue sih EGP aja, alias PASRAH. Gak mungkin kan, di hari pertama bersekolah, gue langsung protes ke kepsek : “kenapa warna seragamnya biru muda?! Kenapa gak warna hijau aja?!!eloo ga tau seni yaa??!!!”. Bisa-bisa gue langsung di hukum pancung gara-gara sudah membual di hari pertama.

Kemeja biru muda tangan panjang, terus pake dasi, dan pake peci, pake sepatu yang gak boleh ada less putihnya juga, resleting celana harus di tutup (itu wajar aja sih). Serta kemejanya harus di masukin ke dalam celana. Membuat gue tampak seperti orang culun. Dan malah membuat gue bener-bener mendalami peran sebagai orang culun.

Bahkan sekarang gue jadi gak bisa bergaul dengan orang lain. Gak tau juga kenapa. Berangkat sekolah jam 7 dianter nyokap,bareng juga ngantar Rafi. Karena di rumah gue gak ada siapa-siapa lagi, otomatis Rena juga ikut. Kami malah mirip naik keretaapi-keretaapi-an, bedanya ini desak-desakan, dan membahayakan nyawa orang. Terutama gue. Polisi lalu-lintas yang liat kadang senyum aja, kadang juga ada yang negur. Tapi mau gimana lagi?? Masa gue harus merelakan kaki gue buntung karena tiap hari berangkat sekolah jalan kaki??. Sampe rumah sudah jam setengah 5 sore, malem jam 8 sudah tidur. Saat itu gue memang seperti kepompong yang gak tau kehidupan di luar. Lebih tepatnya, saat gue SMP gue seperti seekor kepompong yang Kuper #kerenn#

Salah satu alasan kenapa gue jadi kuper?. Karena gue gak punya teman. Kenapa gue gak punya teman?. Karena gue susah bergaul. Kenapa gue susah bergaul.? Karena ,……Gue kuper. Bodo amet ahh!! Gue jadi bingung#sambil-ngejedotin-kepala-ke-kulit-duren#

Padahal jika dilihat berdasarkan garis keturunan. Gak ada tuh keluarga gue yang kuper. Nyokap gue orangnya gaul aja kok, malah sekarang temennya banyak yang lebih muda dari dia. Nyokap gue malah lebih mirip jadi ketua Geng-nya. Kalo Bokap, pintar ngomong, soalnya Bokap gue pernah kerja jadi dosen, di perusahaan pertambangan. Lhaa, terus gue kok jadi kuper??? APA JANGAN-JANGANNNN?? Gue adalah anak yang tertukar? Mungkin aja gue ini anak dari hasil perkawinan manusia tulen dan siluman ikan lele??!. Ahh itu gak mungkinn..!!#nangis darah#

Waktu daftar SMP dulu. Gue dateng bareng nyokap. Sebenarnya yang ngurusin semuanya sih nyokap. Gue cuman bawa badan aja(kepala gue tinggal di sebelah celengan ayam). Saat daftar cuman di kasih selebaran kertas. Rapi-rapi dateng ke sana, ternyata cuman di kasih selembar kertas. Dan gue juga gak tau isinya apaan. Sampe rumah ternyata isinya sejenis biodata yang harus diisi kalo perlu. Dan gue malah kepengen bikin pesawat-pesawatan,daripada ngisi tuh biodata pendaftaran.

Di kertas itu juga di kasih tau informasi tentang tes-tesnya. Dan itulah yang membuat gue gila. Setelah membaca itu tampang gue jadi berubah. Alis gue hilang seperti bekas terbakar, rambut gue kayak orang lagi kesetrum, dan wajah gue malah mirip maling di rumah yang sedang asik-asiknya kebakaran.

Tes-tesnya ternyata banyak bangett, gue kaget waktu liat kisi-kisi tesnya yang malah mirip teks Undang-Undang Dasar 1945 itu. Padahal waktu daftar masuk SD tesnya engga sebanyak itu!!. Sekarang gue baru tau, “Ternyata SD sama SMP itu beda,…”

Hening.

Pikiran gue sangat terbebani, mungkin saat itu kalian pasti kaget ngeliat kepala gue mirip bola pimpong tapi seukuran gallon air minum(emangnya ada ya?). Baru aja selesai UN, bukannya sudah tenang, ehh malah di siksa lagi sama tes-tes masuk SMP yang akan gue hadapi. Apakah gue harus putus sekolah. Dan jualan Koran di lampu merah untuk mengisi jam-jam kosong agar tidak bosan dirumah ??? Atau gue harus pura-pura mau bunuh diri supaya lolos masuk SMP tanpa tes?? Gue pilih. Bunuh diri beneran aja.

Memang cukup banyak sihh solusi-solusi yang gak wajar seperti itu. Tapi gue ini kan bibit kesuksesan bangsa! Masa gue harus bunuh diri?? Gue akhirnya sadar dan memilih jalan yang benar aja. Gue harus belajar. Dan belajar,…#wajah gue seperti orang yang terkena tekanan batin#

Saat di rumah, gue belajar mati-matian. Saat di sekolah gue juga belajar. Saat gue lagi berobat ke puskesmas gue juga belajar. Saat gue mancing gue juga belajar. Saat gue boker juga belajar.Dan saat gue naik sepeda motor,… gue gak belajar. Tenang aja gue masih normal. Walau kalo sendirian di rumah suka cari semut buat di jadiin cemilan.

Sebenarnya selain alasan “Bibit kesuksesan bangsa”, ada lagi alasan yang lain..

#sebelum daftar di SMP Hasbunallah.

“Mas,.. kamu jadi masuk SMP mana??” Tanya nyokap.

“hemmm, terserah aja sih mah,. Asal bukan SLB aja,.” Gue ganti channel tv pake kaki. Waktu itu remot tipi lagi rusak, kelindes adek gue yang paling kecil. Rena.

“SMP Hasbunallah gimana?? Kan pelajaran agama mu kurang,.(Smp hasbunallah itu, sejenis sekolah islam).” Nyokap nyaranin. Tapi dari mimic wajah kayak maksa.

“Tapi kan pulangnya jam 4 mah??” gue kaget saat nyokap bilang itu. Gue matiin tipi. 

“orang kamu siang-siang gak ada kerjaan juga…”

Gue langsung diem. Gak ada alasan lagi buat gue nolak saran dari nyokap.

#sesudah daftar..
“mahh,. Tesnya kok banyak banget??apa-apaan nihh,….!” Gue protes ke nyokap

“jalani aja,…..” jawab nyokap datar, sambil BBM-an.

“tapii mahh,. Raga enggaa kuuaat, kalo tesnya sebanyak inii,…”kata gue mirip adegan sinetron “andai aku seekor kudanil”.

“hmmmm,.. kalo gak mau ya sudah,. Kamu tinggal di sini sendirian,. “ jawab nyokap datar lagi.

“ma-maksudnya??”

“iyaa,. Kamu mamah daftarin ke SMP Hasbunallah karena pendaftaran dan tesnya paling cepet dari SMP lain.. “ nyokap lanjut BBM-an. sebenarnya anak nyokap gue itu,.. HP atau GUE?? “dan setelah kamu tes di SMP Hasbunallah kita mau liburan ke Tenggarong,.. makanya kamu harus lulus masuk situ..”

“Gleg,..” gue menelan batu gunung. “kalo Raga gak diterima??” gue merasa batu gunungnya nyangkut di tenggorokan. OH TIDAK!

“terpaksa kamu harus tinggal di sini sendirian,…!!” suasana berubah menjadi angker setelah nyokap menyelesaikan kata-katanya.

Mendengar hal itu. Gue jadi mati rasa. Padahal gue pengennya sih bilang: .“jadii mamah tega ya, kalo anaknya entar mati terpanggang gara-gara, goreng telor di dalam rumah pake api unggun??.”

Nyokap langsung pergi ke dapur. Dan gue pergi ke kamar.. gantung diri.
Sekarang sudah ada dua alasan kenapa gue harus belajar. Yang pertama karena gue adalah bibit kesuksesan bangsa. Dan yang kedua,.. ehm.. supaya gue kagak jadi “barbeque rasa arang panggang”.

Hari tes atau lebih keren disebut hari eksekusi datang juga. Bersama algojonya..: “Guru.”
Gue kembali datang bersama nyokap. Melihat calon-calon murid barunya sudah pada baris. Gue langsung turun dari jok sepeda motor dengan berloncat, dan berhasil mendarat menggunakan parasut. Dan langsung di ikuti tepuk tangan yang meriah.#PLAKKK!!#

“waduhhh mahh,.. terlambat nihh”. Kata gue gugup. Nyokap nyodorin tangannya ke gue. Salim.

“udahh gak apa,. Paling ntar di suruh terjun dari lantai 2…”. Nyokap nakut-nakutin. Gue tabok pake balok. Tapi gue takut kualat. Akhirnya gajadi.

Gue langsung lari ke arah barisan siswa. Dan tentu saja banyak murit lain yang ngeliatin gue. Mental gue jadi turun setengah harga.

Gue langsung nyelip ke belakang barisan dengan cara merayap agar tidak ada guru yang melihat, dan berdiri diam seolah tidakk ada yang tau. Tapi tangan dan kaki gue masih gemetaran. Takut ketahuan terlambat. Dan dengan mentah langsung ditolak, dengan efek samping : “gue jadi barbeque rasa arang panggang”. Dan untungnya gue engga ketauan. Tapi mental gue tetep menurun drastis, kayak mental anak ayam yang tau kalo nasibnya sebentar lagi mau di jadiin sup. Hampir aja gue ngompol.

Sambil ngedengerin sambutan dan pengarahan, walopun sulit di cerna. Gue liat sekeliling. Dan gue kaget!!!!

Gue seperti melihat zombie di sekeliling!!! Mengapa bisa seperti ini??!! Apa ini sekolah khusus zombie?? Atau gue lagi mabok gara-gara pagi tadi sarapan pake kembang api??? Kenapaa iniii??!!!! Kenapaahhh????!!!!!!.

Dan tiba-tiba aja. Pikiran rasional muncul : Gue tau. Kenapa tampang mereka semua kayak zombie.!! Pasti gara-gara malam tadi begadang untuk menyiapkan tes hari ini. Sebenernya ada satu alasan kenapa tampang gue gak ikut-ikutan kayak zombie depresi itu. Yaitu,..: malam tadi rumah gue mati lampu. Jadi…. gue gak belajar.#bangga#

Tes pun berlangsung.
Gue duduk di barisan paling depan. Sesuai nomor pendaftaran. Sialll!!!
Tapi tak apalah. Gue tetep optimis aja. Gue keluarin semua alat perang. 2 bolpoin tanpa tutup. 1 pensil yang lebih mirip rumah rayap. Dan penghapus yang kata temen gue dulu lebih mirip “Batu Bara”.

Tiba-tiba. Ada anak dari belakang ngelempar potongan penghapus ke kepala gue.

Dengan reflex gue langsung noleh.

“loe ngapain di sinii???” Kata sang anak, kayaknya gue kenal.

“Fajarrrr????.”

“Ragaaa????!”

“sudahh lama kita gak ketemu….., kamu kemana aja?” akirnya kami berpelukan. #Ngoengggggggg!!!!# gue langsung di lindes sepeda odong-odong.

“elo daftar di sini juga jar???”. Kata gue dengan antusias pedagang Koran.

“rumah gue di deket sinii, makanya gue daftar di sini,..” dia diem. Dan gue berbalik arah. “eh Ga!! Minjem pulpen dong??” wajahnya dibikin-bikin mirip siluman buaya yang berkolaborasi dengan burung pelatuk. Agar gue iba.

Kemudian, kertas tes di bagi. Dan gue jawab dengan segala kemampuan yang gue punya. Walau gue sempet kejang-kejang waktu liat tuh soal. Inilah saat-saat kemampuan gue diperas dan dikeluarkan.

Dan akhirnya,….

Gue di terima masuk SMP Hasbunallah. Setelah 3 hari bertempur menjalani tes. Akhirnya usaha mati-matian yang gue lakuin, berbuah manis. Nyokap gue yang menerima surat itu. Cuman senyum saja, sesambil melihat kearah gue. Walopun cuman senyum. Gue yakin kalo nyokap bangga dengan gue. Dan sisi positifnya…:
Pikiran tentang gue akan jadi “barbeque rasa arang bakar” pun hilang.

Gue si Otak Kecil,
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar