Pages

PERTEMUAN PERTAMA DENGAN GYKDIK

Selasa, 15 Juli 2014



Pernah gue merenung di dalam kamar sendiri. Nyokap saat itu emang lagi marah sama gue. Hemm, alasannya bukan karena gue habis ngebakar lemari pakaian punya nyokap. Tapi karena gue sering di rumah. Iyaa, gue emang doyan nyatai di rumah. Mungkin hal itu wajar aja terjadi lantaran gue pulang sekolah jam 4, sampe rumahnya sudah jam setengah 5 sore. Malem gue tidur jam 8. Nahh, terus kapan gue punya kesempatan untuk keluar rumah?. Masa gue harus bergadang, dan berteman dengan bapak-bapak di pos ronda. Esoknya gue jadi ngantuk. Efek sampingnya bisa saja kan gue di siram pake air keras lantaran hampir tertidur saat  guru menjelaskan pelajaran di sekolah.

Nyokap nyuruh gue keluar rumah berkali-kali supaya berkembang di luar. Bukan kerjaannya tiap hari malah bengong di rumah sambil nonton tv.
Mungkin waktu yang tepat untuk keluar dari rumah itu hanya pada hari libur bagi gue. Tapi, entah kenapa saat hari libur gue malah kembali diem di rumah. Gue asik nonton tv. Alasan kenapa gue di hari libur cuman nonton tv yaitu ; 1. Gue takut kalo ada sapi gila yang berkeliaran di luar rumah terus tiba-tiba menyeruduk gue yang baru aja 5 langkah berjalan keluar rumah.  2. Karena gue juga bingung, keluar rumah mau ngapain. Masa ah gue harus merakit bom waktu untuk menghancurkan taman kota, supaya gue berhenti nonton tv di rumah?

Nahh, saat itu gue baru aja dapet jawaban kenapa gue gak mau keluar rumah dengan alasan ‘keluar rumah juga mau ngapain’, itu karena gue gak punya ……TEMEN. Iyaa, coba aja misalnya gue punya teman, pasti gue punya kegiatan di luar bersama mereka kalo hari libur. Gue gak bakalan merakit bom waktu kalo gue punya kegiatan lain di luar.
Tapi ada satu masalah lagi……

Gue ternyata gak punya temen,..

Jeng-jeng,.

Dalam renungan, gue baru sadar, kalo gak punya temen itu emang gak ada asiknya, misalnya aja : di saat gue sudah mandiri, dan punya rumah sendiri. Terus tiba-tiba rumah gue kebakaran (mungkin karena ngerebus telor pake obor di dalam rumah), dengan rasa panik gue teriak-teriak dari jendela. Dan akibat gue gak punya temen, akhirnya orang-orang yang jalan kaki santai di depan rumah gue cuman bilang : “ohh, dia kan bukan temen gue”. Kata dia, mungkin sambil selfie dengan latar belakang rumah gue yang kebakaran dan penghuninya yang kejang-kejang nangkring di jendela.

Saat SMP, gue emang punya sahabat. Hidup gue juga terasa sangat indah. Ibarat dunia hanya milik bertiga. Dan akibat persepsi dunia seakan milik bertiga itu, membuat gue jadi selektif permeable (dalam bahasa biologinya, padahal gue gak tau artinya apaan). Akibat pilih-pilih teman, akhirnya gue gak punya teman. Mungkin itulah penyebab nya.

Gue kembali merenung,..
Nampaknya gue harus merubah persepsi itu, gue harus punya teman!!! Gue gak mau seumur hidup harus nonton tv di rumah, atau harus merakit bom waktu kalo gak ada kerjaan. Inilah saatnya gue memulai untuk ber-alih dari zaman meganthropus, ke zaman manusia modern. Walopun gue tau, kalo muka gue masih mirip manusia purba jenis meganthropus yang terserang flu burung dibandingkan dengan manusia modern, saat ini.#bangga#

Dan inilah awal mula, dimana gue akan menemukan teman.


#Kurang-lebih 2 tahun yang lalu.
Gue lulus dari Smp Hasbunallah, dan juga lulus di terima di Sman 1 tanjung.
Hari pertama bersekolah di Sman 1 tanjung, gue bawa sepeda motor sendiri. Lucu aja misalnya gue tetep di boncengi nyokap (ples 2 orang adek gue yang juga numpang : Rena dan Rafi). Bukan lucu lagi, tapi malah membahayakan. Gue perkirakan ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi jika gue masih di anter nyokap : 1. Gue baru tau jalan menuju Sman 1 Tanjung itu banyak tanjakannya, dan bisa-saja gue yang duduk di besi jok bagian belakang, terpental sejauh 100 meter, karena nyokap narik gasnya agak kenceng waktu tanjakan .  2. Mungkin gue masih bisa sampe Sman 1 Tanjung, tapi dengan konsekuensi kaki gue hilang sebelah, bekas nyangkut di pohon.

“Gaaa!! Kita 1 kelas rupanya!!!” kata Dede, dari kejauhan waktu gue markir sepeda motor.

“Haaah?? Masa??? Sudah ada pembagian kelasnya?”. Gue malah baru tau pembagian kelasnya ternyata sudah di diumumkan. Inilah akibatnya kalo jarang keluar rumah. Jangan di tiru!.

“iyee! Kalo mau liat ikutin gue!”. Katanya, seakan mengajak gue untuk mengintip orang mandi.

Gue yang berjiwa kepo ini, langsung bernafsu untuk melihat pembagian kelasnya. sapa tau di kelas gue ntar ada orang yang namanya : “Setan Kesurupan”, atau “Rana Ketulangan”. Tapi kayaknya sih gak mungkin ada.

“mana de?”. Tanya gue sambil celingak-celinguk.kayak orang hilang. 

“itu yang di depan lo, tapi banyak banget orangnya” katanya menunjuk sebuah kerumunan.

“Astagaa, gimana caranya gue lewat???”. Gue kaget melihat kerumunan para murid. Seakan-akan mereka lagi kampanye. Syukurlah di antara mereka gak ada yang mukanya di cat merah atau mulutnya ngunyah beling. Wowww, ini kampanye atau kuda lumping, lagian gak ada ahh kampanye atau kuda lumping di sekolahan. Hemmm, ngomong-ngomong sekarang gimana caranya gue mau ngeliat pengumumannya?? Apa harus gue lempar bom asap ke tengah kerumunan itu?? Atau gue harus nunggu sampe gue jadi tengkorak? Atau juga gue harus nyiram Dede pake bensin dan menyulut Api supaya dia jadi pusat perhatian orang??.

Waktu gue milih nunggu jadi tengkorak, Dede ngomong dari belakang “gaa kita di X-1,.. “ katanya. Dede temen gue, waktu bersekolah di Smp Hasbunallah. Dulu gue emang gak terlalu akrab sama dia. (nama asli Dede disamarkan takut ntar orangnya gak terima lalu gue di pukul pake balok dari belakang)

“masa?? Terus-terus kelas kita yang mana???”.

“yang di pojokan mentok itu…, yang barusan lo lewati..”.

Gue diem, mencoba meresapi kata-kata Dede.
Dengan menarik nafas, gue langsung kaget. “hahhhh???!!. Tunggu-tunggu, jadi kelas kita, yang ada di pojokan itu?? Hahaa, bisa aja lo bercandanya..”. gue langsung menarik kesimpulan kalo Dede lagi bercanda. Seinget gue, di ujung sana itu kan gudang? Malah gue berpikir kalo tempat itu adalah markas pemulung bermata satu. Tapi masa ahh di sekolah ada tempat yang namanya markas pemulung???.

 “g a loe mau ikut gak? Gue mau ke X-1 nih.”. Dede mulai berjalan. Ke arah pojokan. Gue pura-pura pecaya aja apa kata dia barusan. Tentu saja, wajah dungu ala kambing gue pasang.

Dede berjalan di depan gue. Dari tadi dia terus yang menunjukan arah. Mirip kompas tapi bentuknya manusia. #plakkkk!!#

Kami ternyata beneran berhenti di depan “Gudang Yang Katanya Dede Itu Kelas” , atau “GYKDIK” lebih singkatnya. Apa Dede bener-bener serius?. Gue langsung masuk ke dalam untuk meyakinkan bahwa GYKDIK ini bukan KELAS.

Hening,..

Kesan pertama gue masuk ke dalam GYKDIK ini ; di sini gelap banget, seakan-akan tidak ada tanda kehidupan. Apakah tempat ini dulunya di pakai sebagai kuburan Belanda????. Hemmm, tapi syukurlah, dengan begitu gue yakin kalo GYKDIK ini gak mungkin di pakai sebagai kelas. “Dede emang hebat bercandanya,.” Gumam gue keluar dari GYKDIK.

Tiba-Tiba!!!

Entah karena guenya mabok gara-gara terlalu banyak menghisap debu di dalam GYKDIK, atau mungkin akibat ada sarang laba-laba yang nyangkut di mata gue, atauuu emang bener sekarang gue lagi dihadapkan dengan segerombolan murid yang terlihat kelaparan, sambil membawa alat perang di tangannya, seperti : kayu, parang, clurit, boneka bulldog warna ping, golok, jeruji sepeda, bahkan,… KAPAK  GENGGAM!! Iya bener banget, itu alat yang digunakan manusia purba untuk berburu.

 “Waduhh!!!’ pikir gue takut.

Apa jangan-jangan ini bagian dari lanjutan MOS awal masuk sekolah??  Atau jangan-jangan muka gue mirip babi hutan yang mereka incar, dengan menggunakan kapak genggam itu??(wajar aja sih). Kenapa mereka seakan ingin tauran dengan kita????(gue kejang-kejang dan mulut gue langsung mengeluarkan busa).

Dengan refleks seorang mantan tentara berhidung belang, gue langsung masuk ke dalam GYKDIK : cari-cari barang yang bisa di jual di Tokobagus atau OLX.#ngoooeenggg!! saat itu juga gue langsung di tabrak truck kontener pembawa bom#. Ehhh, ternyata gak ada barang yang bisa gue pake untuk melindungi diri. Gue puter otak. Tapi gue tau kalo otak gue emang sudah keputer. Gue ambil sebuah tongkat kayu dari dalam. Gue keluar dan pura-pura buta. Gue berharap ketika mereka melihat gue yang pura-pura buta, mereka menjadi iba, dan gak jadi ngeroyok gue. 

Yaa kalo iba!! Kalo enggakk???!!!

Bisa-bisa ntar gue di bacok, terus dipotong-potong, dan di jadiin makanan buaya di belakang sekolah! .. tapi kayaknya sihh itu gak mungkin!

Soalnya di daerah sekolah gue gak ada buaya. Paling-paling adanya cuman ayam, kambing, sama anjing. Terus,.. siapa juga yang mau makan tubuh gue yang cuman ada tulangnya doang..??

Hati gue mulai gelisah,….!!

TERUS NTARR GUE   DI JADIIN  BUAT  MAKANANN  APA???!!!!!!!#gue malah berharap dimakan,. Gue tau, gue emang bego#.

Gue tepiskan pikiran tentang ‘Dimakan Siapa’ itu. Gue mencoba bepikir jernih. Uhhh, tapi gagal. Sepertinya gue harus pasrah. Gue buka mata. Berharap keajaiban akan datang, dan gue gak jadi di jadiin makanan binatang.

Ohh, ternyata Tuhan mendengar doa gue. Kini gue melihat bukan alat-alat untuk tauran yang murid-murid pada pegang. Dan bukan juga boneka jelangkung yang mereka bawa(kok jelangkung?). Melainkan alat-alat kebersihan. 

Gue ulangi : “ALAT KEBERSIHAN!!”. Ternyata gue salah lihat, teman. Mungkin emang bener, mata gue ada sarang laba-labanya.#gue langsung minum racun tikus#.

……

“nak,. Kok kamu gak ikut bersih-bersih di dalam??” kata seorang ibu-ibu memecah kebengongan gue. Dari penampilannya sih, ia seorang guru di Sman 1 tanjung ini. Atau dia adalah kakak kelas yang menyihir tubuhnya  menjadi guru, dan menyuruh kami untuk membersihkan gudang??. Mendapat persepsi itu, pengen sekali gue baca ayat kursi untuk mematahkan mantranya. tapi gue gak hapal.

“eh,. Iyaa bu. Saya gak tahan debu.” Gue ngeles. Padahal kan semua orang pada tau, kalo muka gue mirip vakum cleaner bekas nyebur di got. Tapi kok gudang seperti ini harus kami yang membersihkan?

“ya udah, kamu cari orang. Buat ngangkat meja sama kursi,. Letaknya di dekat perpustakaan..”

Lhoo? Meja – kursi?? Untuk apa benda-benda itu di angkut ke sini. “buu,. Emangnya buat apa ya, meja sama kursinya??” gue memberanikan diri untuk bertanya.

“ya untuk belajar lahh, ini kan kelas kalian,…………….”. 

Jegerrrr,.! Kata-kata sang guru langsung menusuk ke jantung. Gue mati.
Kata-kata “ini kan kelas kalian..” kembali terngiang-ngiang di kepala gue beberapa kali. Bisa saja saat itu gue pingsan. Tapi gue tahan, gue takut kalo gue pingsan, bukannya murid lain pada nolongin, tapi malah ngejadiin gue sebagai keset, yang kalo kotor langsung di lempar ke sungai.

Muka gue mungkin mulai pucat. Nampaknya gue masih belum bisa menerima kenyataan pahit ini. Gimana bisa terima, orang kota seperti gue di letakan di kelas semacam ini, yang kalo mau kabur dari sekolah, tinggal loncat pagar, tapi dengan satu syarat : harus rela menjadi korban tabrak lari atau jatuh ke jurang (baca:selokan). Hal ini lebih mirip penjara para bajak laut, dibandingkan kelas.

“ibuuuuuuu,. Ada mayatttttt!! Kyaaaaaaa!!!!!”. Tiba-tiba suara jeritan cewek dari dalam GYKDIK membuat gue kaget. Dan katanya tadi : ada mayat. Wowwww, lengkaplah sudah penderitaan gue. GYKDIK lahh, Mata gue katarak kena jaring laba-laba lahh, Dan parahnya GYKDIK ini ternyata emang bener kelas gue, yang di dalamnya ada mayat. Rasanya gue pengen buka baju terus nyemplung ke kolam renang,… segerrrrrrr!! #gue tau, itu ga nyambung#.

“ini buu mayatnyaaaa,..!”. gue dan ibu-ibu tadi kaget setengah hidup. Waktu ngedenger ada seorang murid yang mau nunjukin mayat ke hadapan kami. Gue langsung siap-siap loncat pager, dan mungkin akan jadi korban tabrak lari odong-odong, dari pada harus merasakan penderitaan seperti ini.

Tapi sayangnya gue keburu ngeliat mayatnya sebelum gue loncat pager.
“ohhh,..”. ternyata cuman mayat kecoa. Murid yang nunjukin mayat kecoa tadi cuman ketawa bersama si ibu-ibu. Sedangkan gue gak jadi loncat dari pager , gue memilih langsung cari tali dan pohon, gue berniat untuk gantung diri setelah itu.




3 komentar: