Pages

CERPEN: TETAPLAH MENJADI SAHABATKU

Minggu, 05 Oktober 2014



Gue Raga, manusia paling ganteng di kota Tanjung-Tabalong (yang mau muntah, muntah aja). Orang ganteng di sekolah pada umumnya, pasti berteman dengan sesama orang ganteng dan,..ehm,.. cewek cantik. Tapi beda dengan gue (emang lo ganteng?), gue malah milih temenan sama salah satu cewek minimalis yang tampangnya biasa-biasa aja. Sakin deketnya, kami malah bersahabat.

Panggil saja dengan sebutan ‘Tina’, dia adalah sahabat pertama gue yang berjenis kelamin wanita. Bersamanya gue bisa mengekspresikan diri dan menjadi Pemulung Berwajah Gorila diri sendiri, kami seakan memiliki sebuah kecocokan dan ikatan batin atau bahasanya abg labil yang baru aja pacaran adalah ‘Satu Hati’. Mungkin gue juga sayang sama dia, tapi yaa cuman sebatas sahabat aja, tak pernah terpikirkan olehku untuk berpacaran dengannya. Lagean dia juga udah punya pacar. Gak mungkin kan gue ngerebut pacar orang. Gini-gini gue adalah cowok yang punya hati. Cielah. Oh ya, Tina juga dikenal sebagai cewek humoris dan pintar.

Tapi entah kenapa  akhir-akhir ini ia jarang masuk sekolah. Sudah 1 minggu ia tak hadir, kata dia di sms sih lagi sakit, tapi masa ah sakitnya 1 minggu terus sembuhnya cuman 1 hari? (iyee si Tina 1 minggu sekali turunnye).

Hal inilah yang membuat gue dan sahabat gue yang lain menjadi penasaran. Dugaan gue sih si Tina kerja jadi kuli bangunan, atau-atau ia kawin lari sama pacanya yang brewokan itu. Tapi waktu gue bilang dugaan itu ke Dede (sahabat gue juga) ehh, gue malah digampar, pake helm.

Pulang sekolah kami pergi ke Gambah yang merupakan sebuah tempat di Tanjung yang sering di pake buat perkumpulan anak muda (bukan diskotik), biasanya rame waktu jam-jamnya pulang sekolah. Jadi hati-hati aja kalo kesana gak pake helm,.. emmm tapi, gak ada hubungannya juga sihhh, di gambah kami di temani Isan, Rama dan Lita. Lucu aja kalo misalnya cuman gue berdua sama Dede di sana, takutnya ntar malah dikira kami adalah sepasang homo berwajah manusia purba yang lagi bulan madu. #gak enak banget buat dibayangin#. 

 Di bawah naungan pohon, dan suasana yang gak terlalu tak ramai (baca: ramai sekali), kami mengobrol, topik yang dibahas tentunya tentang Tina.

“Ga, kita beneran mau cari tau tentang Tina??” Rama membuka obrolan.

 “iya nih, trus kalo kita ntar kenapa-kenapa waktu nyari informasi itu gimana?? Yaa kali aja ntar kalo kita ke rumahnya, terus ketemu bokapnya, terus kita nanya Tina dimana, dan bokapnya malah marah dan kita diiket terus dihanyutin ke sungai gimana?,. Apa lo yakin?” Dede melanjutkan.

“yakinn!!. Eh,.. emm, engga juga sih.” Saat itu juga kepala gue dimasukin ke dalam tanah.

“emm, kalo yakin. Kita bikin rencana dulu..” kata Isan sesambil minum es kelapa miliknya.

“iya, gimana kita bikin daftar apa yang harus kita lakuin? Agenda lah nama kerennya ” Lita mulai mengeluarkan suaranya, air liurnya masuk ke dalam es kelapa gue, contoh teman yang sangat baik.

“wahh, ide yang bagus!. Lo tulis gih. Hehe.”

“gembel lo ga!!” katanya.

Kemudian agenda misi ini di tulis oleh Lita. 

Hal Pertama yang harus dilakukan : Menghubungi Tina secara langsung.
Dan tentu saja, orang yang ditunjuk untuk menghubungi Tina adalah gue. Sebenarnya sudah beberapa kali gue nge-sms dan nelpon dia, tapi jawabannya : sakit-sakit-dan-sakit. Gue Tanya-tanyain lagi gak dia bales atau hpnya malah sengaja dimatiin, dan begitulah seterusnya. Kalo aja dia bukan sahabat cewek terbaik gue, pasti gue bales gini : MONYET LU!! MATI AJA SEKALIAN!!

Oke, Langkah pertama : gagal.

Langkah kedua : Datang ke rumahnya dan nanya ke orang tuanya.
 “De, gimana nih? Lo yakin??”. Kata gue di depan rumah Tina.

“sudah sampe sini bro, apa pun resikonya, sama-sama kita tanggung..” Ucapnya mulai mengetuk pintu.

*tok-tok-tokk* “Assalamualaikum,…”
Pintu dibuka. Sesosok wanita paruh baya pun keluar, bokapnya Tina, ya engga lah! Nyokapnya Tina yang keluar, bukan bokap.

“iya, kenapa??” Tanya beliau kepada kami berdua, Isan, Rama dan Lita nunggu di sepeda motor. Mereka emang licik.

“gini tan, emmm, mau nanya, Tina-nya ada?” Dede berbicara rada gugup. Gue gemeteran.

“Tina?? Untuk apa kalian nanyain Tina?!” Nyokap Tina berbicara dengan nada psikopat, membuat gue takut.

“eh, eng-engga tan, kami kan temennya, cuman mau tau kabar dia aja..” gue memberanikan diri untuk berbicara. 

“itu bukan urusan kalian! Kalian gak perlu tau tentang Tina, dan jangan pernah ingin mencari tau tentang Tina..!” Ucap si nyokap, kemudian langsung masuk ke dalam rumah. 

Aneh, dulu waktu gue sering ke rumah Tina untuk kerja kelompok, nyokapnya baik-baik aja, gak pernah sama sekali terlihat seperti seorang manusia yang mengalami mutasi genetika antara nenek sihir dan serigala berkepala unggas. Tapi, kenapa sekarang jadi begini? Apa mungkin beliau tadi lagi pms? Hemm, pasti ada sesuatu yang gak beres.

Langkah kedua : gagal.

Langkah ketiga : Bertanya kepada pacarnya.
Setelah gue dan para sahabat mendatangi kelasnya. Yang kami dapat hanya sebuah informasi : kalo ka Ucok (pacarnya Tina, nama disamarkan)  juga lama gak turun sekolah. Wahhh, ini semakin gak beres. Gue yakin kalo masalah Tina ada hubungannya dengan ka Ucok. Beberapa opini pun berdatangan : 1. Tina dan ka Ucok kawin lari.  2. Tina dan kak Ucok kawin diam-diam. 3. Tina dan ka Ucok kawin tanpa diketahui orang tua mereka.

Tapi kalo memang mereka kawin lari, kenapa nyokap Tina bereaksi kesal dan seakan menutup-nutupi keberadaan Tina ketika kami menanyakan  tentangnya?.

Langkah ke-tiga lagi-lagi : gagal.

Sekarang apa lagi yang harus kami lakukan?
Nanya ke teman dekatnya? Lha, kan gue teman dekatnya.
Teka-teki ini semakin rumit. Kami berempat seakan telah kehilangan jejak, mungkinkah kami harus menyerah? Dan berhenti untuk ikut campur urusan orang?
Di tengah kebimbangan dan kebingungan ini. Sms Tina masuk.

Tina  : “Ga, aku di Kaltim,. ak mlanjutkan sklah di sna, maaf kalo aku gak sempet pamit sama kmu. Soalnya ak buru.buru”.

Gue kaget ngebaca sms Tina. Sekarang apa lagi? Dia bilang lagi di Kaltim. Tapi sabtu kemaren kan kami ketemu dengan nyokapnya. Masa cuman Tina yang pindah kesana? Gue semakin penasaran, sampe-sampe gue terkena flu. (yang mau nge-bakar gue. Bakar aja!!)
Gue   : “hah?! Bneran tin??? Elo pindah ke Kaltim? Buat apa? Tapi sabtu kemaren gue ketemu nyokap lo kok. Lo jgn bhong!!”. Bales gue.

Tina  : “ak gk bhong kok ga, kalo km gk prcaya, cari aja ak d.rumah..gk bkal ada,.”

Gue   : “tpi, knp hrus ddakan??? Lo anggep gue apa? Gue ini shabat lo!!” perasaan kaget, benci, sedih semuanya tercurah di sms itu. Gue masih gak percaya kalo Tina beneran pindah.

Gue tunggu balesan sms dari Tina, tapi gak muncul, gue sms lagi. Kembali tak dibalasnya. Dia anggap gue ini sahabatnya atau bukan?. Rasanya pengen manjat ke tugu Obor Tanjung sambil teriak-teriak sarap : “TINAAAAAA…AAAAA…..AAA!!!!!”

Malam ini gue gak bisa tidur.

Dan karena gak bisa tidur, gue jadi ngantuk di sekolah. Mungkin kalo temen di skul ada yang nanya kenapa mata gue berkantung. Gue bakal jawab : “cz malam tadi gue bangun untuk  sahur n solat tahajud, jadi kurang tidur”.

Tapi sekarang gue lagi gak ada di kelas. Gue lagi di ruang BP. Enggak tenang aja, gue disini bukan karena gue habis ngebakar gedung sekolah, tapi karena gue lagi diintrogasi tentang keberadaan Tina. Iya karna gue sahabatnya.

“Ga, kamu tau sekarang Tina dimana?” Tanya seorang guru. 

“mmm, katanya dia, di Kaltim bu, mau ngelanjutin sekolah di sana.. baru aja malam tadi dia sms”

“oh gitu. Dia itu teman dekat kamu kan? “

“iya bu, kami sahabatan,.”

“Yakin kamu sahabatnya? Kalo gitu, kok dia tega ngebohongi kamu?”

“ma-maksudnya?” gue tercengang dengan kata-kata ibu.

“dia berhenti sekolah ga,…….jumat kemaren orang tuanya kesini”

JLEB! Gue tak bisa berkata apa-apa lagi. Tina bilang dia bakal nerusin sekolah ke Kaltim. Tapi bu Bp dia putus sekolah. Apa maksudnya ini semua? Dan yang gak bisa gue terima : kenapa dia tega membohongi gue? sahabatnya sendiri.

Pulang sekolah langsung gue sms dia.
Gue   : “Tin!!! Maksud lo apa ngebohongi gue??!! Gue udh tw ap yg sbnrnya trjadi!! Knp lo tega ngebohongi gue tin?!! Gue ini shabat lo.! Sharusnya gue bisa ngebantu nyelesaiin msalah lo!!!.”. air mata gue hampir saja menetes. 

Gue tunggu balesan dari dia. Gue coba kirim ulang beberapa kali.
Gue   : “Tinn, gue mhon bles sms gue, lo itu shabt gue, gue sdih bgt khilangan lo”
Akhirnya di bales.

Tina  : “ga, kita hrus ktemu, gue tunggu km di taman Tanjung skarang, ak gk pnya bnyk wktu,..”. dari sms lebih mirip penculik anak-anak SD yang lagi minta tebusan. Tanpa pikir panjang gue langsung pergi.

Gue cari dia setelah sampai di Taman Tanjung. 

Ketemu.

“Tinn?! Maksud lo aa,….”. kalimat gue terhenti. Gue duduk, mendekati Tina yang sedang menangis. Niat untuk marah-marah dan melempar ban serep mobil ke arah Tina gue urungkan. 

“Ga,.. maafin akuu,…”. Katanya tersedu-sedu. Air matanya terus mengalir. 

“iya, gak apa, Sekarang kamu cerita aja ke aku, kamu beneran udah berhenti sekolah?” gue pandangi wajah Tina. Tak tega melihat air mata seorang sahabat, pengen gue hapus, eh bukan muhrim.
 
“i-iya gaa,. aku udah putus sekolah, semua cita-citaku, impianku, sudah hancurr!”

“kenapa Tin??”

“aku,. dikawinkan orang tua ku gaa! Kamu gak tau rasanya kalo jadi aku!”

DEG! Gue shock mendengar kata-kata Tina barusan. Ini pasti bohong.

“enggak! Lo pasti bohong!! Gue gak percayaa!!!” 

“dengerin aku dulu ga! Kamu tau kan kalo ayahku cuman seorang penyadap pohon karet milik orang lain. Dengan pekerjaan seperti itu keadaan ekonomi kami lama-lama semakin memburuk. Belum lagi hutang ayahku yang terus menumpuk. Dia terancam masuk penjara gaa! Kalo gak bisa melunasi hutangnya,.. sampai,.. ayahku ketemu dengan teman lamanya, dia berjanji akan melunasi semua hutang ayahku kalo saja,…….”

“kalo kenapa tin??”

Tina menarik nafas,  kemudian melanjutkan kata-katanya “kalo saja aku mau menjadi,..istrinya,..”

APPAH???!! Istrinya? Jadi dia sekarang sudah bersuami? Yang membuat gue kaget, kenapa bukan dengan kak Ucok? Terus kak Ucok kemana? Jangan-jangan kak Ucok sekarang sudah depresi dan bergabung dengan teroris internasional, karena tak terima Tina telah dinikahi pria lain?. Banyak sekali pertanyaan yang terngiang di kepala, dan menginginkan sebuah jawaban.

Sampai saat ini kenyataan itu gak bisa gue terima. Gue kangen dengan semua canda-tawanya. Teman sebangku gue sekarang bukan dia lagi. Setiap kali gue menoleh ke samping tempat duduk, gue selalu teringat dirinya, namun ia takan pernah ada di situ lagi. Tina merelakan cita-cita, mimpi, impian dan masa SMA demi orang tuanya. Mungkin saat ini yang bisa gue lakukan cuman menyebarkan kebohongan jika Tina pindah ke Kaltim dan melanjutkan sekolah di sana, gue tak ingin cemoohan orang membuatnya bertambah sedih.

Malam ini gue sms dia :

“TETAPLAH MENJADI SAHABATKU”.

3 komentar:

  1. Iya mkasih, it critanya emang terinspirasi dri slah 1 shabat gw yg udh gk skolah,..

    BalasHapus
  2. ceritanya kaya sinetron di MNC TV biasanya, tp dlm bntuk realita. kerenn ga (y)

    BalasHapus