Pages

JALAN - JALAN LAGI

Senin, 29 Desember 2014



Bokap gue punya prinsip. “disaat hari libur pokoknya harus jalan-jalan”, dan kami juga punya kesimpulan, “dimana ada bokap di situ kita jalan-jalan”, itulah yang gue alami bersama keluarga kemaren.

“hayoo, besok kemana??” kata Bokap di hari sabtu malem.

“……” kami gak ngerespon, terutama gue yang paling gak suka di ajak jalan-jalan, bagi gue rumah itu segalanya, ibarat ‘tak ada tempat seindah rumah’, dan ini adalah bagian dari ciri-ciri zodiac gue : cancer. (kok gue mirip om-om culun yang suka ramalan-ramalan bintang gitu ya?)

“ke Banjarmasin ya??”. Kata bokap lagi.

“yee ke Banjarrrr!!”. Rena teriak seneng. 

Gue noleh sinis bentar ke Rena, lalu protes ke Bokap. “kok ke Banjar pa?? kejauhannn”. 

“emang di sana nginep pah??” Nyokap mulai bicara. Menghentikan kebiasaanya : BBM-an.

“ya enggak lah, subuh berangkat, sore balik, jam 3.”

“HAH!!??” gue dan nyokap kaget. Bayangin aja, Tanjung (kota tempat tinggal gue) ke Banjarmasin aja udah 5 jam, misalnya kita berangkat subuh jam 6, kemungkinan nyampe sana jam 11 malam siang, terus kata bokap jam 3 balik supaya gak kemalaman dijalan, jadi dapat disimpulkan kami cuman punya waktu 4 jam untuk liburan disana. Belum lagi dipotong mampir makan+sholat. Dengan waktu yang segitu, paling ntar disana cuman foto-foto doang ditaman kaya cabe-cabean.

“gak nginep 1 hari kah pa?? habis di jalan aja ntar waktunya”.

“yaa gak bisa lah ma, papa seninnya udah kerja, lagian papa juga yang nyetir, nyantai aja”

“ahhh, Raga tinggal aja ya pa??”

“aku juga,.!” Kata Rafi, dia juga gak suka jalan-jalan.

“wesss, pokoke besok kita ke Banjar, masa liburan cuman dirumah, mending gak usah libur”. JLEB! Bokap ngomong agak tegas, kemudian masuk ke kamar mandi. Mulut gue, Rafi, Nyokap mengeluarkan busa.

Hemm, tapi bener juga sih, apa kata bokap barusan.
Gue noleh ke Rafi “kamu ikut fi??”

“maunya kaga mas,.”. ternyata dia juga terpaksa.

Besok subuhnya kami berangkat,.
Baru keluar gang, ehh malah hujan, untung bokap beli mobil yang pake atap.

Oke start pukul 6.10 pagi.
Gue sambil tidur-tiduran , dan akhirnya kebablasan tidur sampe jam setengah 8.

Bangun-bangun, udah liat deretan mobil di depan, liat ke belakang juga ada mobil. Intinya kami berada di suatu susunan mobil berantai yang jalannya lambat banget kaya becak bermuatan 10 orang penumpang. Atau sering di sebut dengan istilah ‘Kemacetan’.

Well, akibat hal ini, bokap bawa mobilnya paling cepet cuman 40 Km per Jam. Gue suruh nyalip mobil di depan kalo sudah agak renggang, bokapnya kaga mau, takut kenapa-napa (bokap gue emang orang yang sangat hati-hati). Yahh jadilah kami ikuti saja rantai kemacetan ini.

Dan akhirnya, yang perkiraan awalnya nyampe jam 11 di kota Banjarmasin, ini malah nyampe jam 12, itupun baru di Banjarbaru masih perlu 1 jam lagi ke Banjarmasin (kalo gak macet juga).

“udahh pa, kita kesini aja, gak usah ke Banjarmasin” kata Nyokap stress berat.

“di sini aja ya? Yowes lah, kita cari makan di pasar dulu”

Kemudian bokap mutar balik menuju pasar.
Setelah beberapa jam makan, belanja-belanja batu akik (untuk nambah koleksi bokap), dan setelah gue selesai cuci mata habis ngeliat cewek-cewek yang tipe gue bangett : minimalis+imut-imut kaya badut. Wah, ternyata di pasar lumayan juga, ada yang ayu, dan ada juga yang bodynya aduhai, eh muka’e Ele’. Hehe.

Kami pun melancap ke salah 1 mall baru di daerah Banjarbaru.
Tujuan gue ke mall cuman satu : Gramedia. Beli sepatu. (percaya gue musyrik).

Tapi dari tadi kami jalan-jalan gue kaga ada nemu gramedia tuh, nanya ke sales-sales, dia juga kaga tau. Nanya ke sales lain di pusat belanja pakaian, eh gue lemah syahwat.

Lupain sementara gramedia, lanjut kami milih-milih baju di pusat belanja pakaian. Dan ternyata di mall ini banyak baju-baju yang bagus, dan juga ada promo ‘beli 2 gratis 1’, yahh karna gak mau rugi, akhirnya tiap gue mau beli yang ini, bokap dan Rafi juga beli yang itu. 

Well, waktu sudah menunjukan  pukul setengah 3.
“mah udah jam setengah 3, mau pulang??” kata bokap sambil meliat jam.

“tapi aku mau ke Gramedia dulu pa..”

“dimanaa mas??? Nanya dulu lah, sama mba-mba nya itu”

“udah paaa, tapi mereka juga kaga tau”

“yaudah bearti gak adaa,.” Bokap jalan menuju ekskalator, gue masih berdiri, pengen nangis sambil kencing.

Oke, ternyata di mall ini belum ada gramedianya, maklum masih baru, yahh walopun hati ini sakit, tapi tak apalah mudahan aja ntar gue bareng sahabat jadi ke Banjarmasin. Ahh tapi mengingat waktu perjalanan tadi, gue jadi males. Gue kembali sakit hati.

Akhirnya kami pun pulang,
Jam setengah 3 lewat 10 kami berangkat dari Banjarbaru menuju Tanjung. Mudahan aja kaga kemalaman +kaga macet.

Sempat juga kami mampir di warung makan, tujuannya tentu buat ngisi perut, sekalian mau sholat maghrib di mushalanya.

Akan tetapi warung ini, tidak seperti yang kami harapkan. Warungnya lumayan besar sih, tapi baru aja duduk di kursi, kaki gue langsung di serbu nyamuk. Rafi, Rena dan  nyokap juga sama. Cuman bokap aja yang anteng-anteng dari tadi.

Makan di sini, rasanya itu kaya makan di suasana sedang perang melawan jepang, gelisah banget. Bayangin aja, gue makan sambil kaki gue goyang bang jail gini, ehh tetep aja, nyamuknya nempel di kaki. Gue duduk bersila, nyamuknya malah nyerang tangan+leher. Gue ganti celana panjang di mobil, terus balik makan lagi, ehh nyamuknya malah masuk ke dalam celana. Belom pernah kan denger ada nyamuk yang bisa merayap di dalam celana orang?. Ya disinilah tempatnya.

Yaa untung aja nyamuknya kaga ngisap darah, cuman ngigit yang gigitannya itu kaya terkaman harimao. Itupun sudah sakit banget, apalagi kalo nyamuknya ngigit terus ngisap darah? Bayangin aja misalnya ada 30 ribu nyamuk yang ngisep darah kita pada saat yang bersamaan, apa kita kaga mati??

Perjalanan + jalan-jalan hari ini sungguh luar biasa, gue baru nyampe rumah jam setengah 10 malam, capek+keselnya itu sudah kaga bisa di jelasin lagi (bunuh orang). Pengen sih protes ke bokap waktu di jalan tadi: “ah pa, kalo tau bakal kaya gini, Raga gak mau ikut!”. Tapi gue takut di buang ke hutan.

Yahh tapi sisi baiknya, gue bisa kumpul + jalan bareng lagi sama ke-4 keluarga gue, ini sudah lama sekali tidak terjadi, mungkin itu juga tujuan Bokap, supaya kami semua bisa menyimpan memori akan kebersamaan ini. Thanks Bokap. 

Oh ya, kemaren pagi gue bareng sahabat pergi mendaki gunung loh. Padahal gue masih lelah-letih-lesu-lunglai sih baru nyampe malem tadi dari Banjar, tapi demi sahabat gue usahain aja. Dan akhirnya setelah beberapa kali terperosok, hampir jatuh, dan kecium pohon. Alhamdulillah kami nyampe juga di puncak.
gue yang pake baju abu
Sorry banget nih, baru bisa update postnya sekarang, soalnya baru hari ini gue free, hari minggu gue ke Banjar, kemaren ke gunung, masa nulis post sambil mendaki gunung?

7 komentar:

  1. Wah sama prinsipnya " saat libur harus jalan - jalan "

    Dihari libur ngak boleh dirumah harus menikmati alam wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh tapi ntu bukan prinsip gue yaa, itu prinsip bokap..haha

      Hapus
  2. alhamdulillah mobilnya ada atapnya ya :) , kalo nggak ada atapnya, bawa payung :p
    kereen, nyari sepatu di gramed.. lo cerdas
    btw itu ada typo ya? goyang bang Jali, apa jail? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kenapa gak pake jas hujan aja di dalam mobil :D
      Yah baru tau dia,, kapan kapan bisa tuh lo coba^^

      Hapus
  3. Harusnya lo seneng banget tuh bisa liburan bareng keluarga. Akhirnya habis liburan dapet ide tulisan buat ngeBlog. Yes nikmati liburanmu kawan. nice post :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, tapi gue beda bro, gue malah kaga suka jalan jalan.. tapi bener sih, dari keterpaksaan ikut jalan jalan ini, gue jadi dapet ide buat nulis post..hhe

      Hapus
  4. Ciye yang jalan2.. gue malah pengen gitu jalan-jalan bareng sama keluarga. sumpah deh seumur hidup gue kagak pernah jalan bareng sekeluarga. Dan did you know?
    liburan bareng keluarga itu jadi dream note gue. :)

    BalasHapus