Pages

RENCANA LIBURAN

Senin, 22 Desember 2014


Jelang bagi rapot, gue sering mengalami kebosenan. Hampir tiap hari (habis ulangan) gue bolos sekolah, lagian di sekolah kaga ada kerjaan juga. Remed?? Yaa, sebagai orang yang paling pinter diantara anak SD berkebutuhan khusus gini, Alhamdulillah gue belom ketemu sama yang namanya Remedial.

Terakhir kali gue masuk sekolah itu hari Rabu (ulangan selese hari selasa), itupun gara-gara ada praktek TIK. Dan hari-hari berikutnya, gue memutuskan untuk memboloskan diri.

Ehh ternyata, di rumah malah lebih membosankan dari pada di sekolah. Kerjaan gue selama di rumah, kalo gak duduk santai sambil nonton tipi, atau rebahan sambil nonton tipi. Gak heran, kalo ntar tipi gue mengeluarkan asap beracun, gara-gara dinyalain non stop dari pagi sampe malam.

Sebenernya, ada sih rencana kegiatan lain selain nonton tipi di rumah,  misalnya ke warnet. Tapi yang jadi masalahnya, ini kan masih masa masuk sekolah, trus ntar kalo gue lagi asik di warnet, tiba-tiba ada razia gimana?? Hmm, alesan yang menurut gue bagus sih : “maaf pak, tapi saya sengaja di liburkan dari pihak sekolah, karena minggu depan saya akan menghadapi olimpiade Biologi di Negeri Arab pak, jadi saya di sini mau cari bahan untuk belajar”

Dan alasan lain yang menurut gue juga ampuh tapi perlu sedikit ekting : “maaf pak, tapi kami murid-murid Sma 1 sengaja diliburkan, soalnya malem tadi ada kabar kalo gedung sekolah kami hanyut pak, dibawa tsunami” (lalu pasang mata nanar, kaya orang kena Hepatitis)

Atau selain ke warnet, bisa juga gue nonton tipi di rumah, lhoo?

Khawatir lama-lama gue bisa kena gangguan mental, akhirnya gue putuskan untuk menghadapi kebosenan bersama para sahabat. Yang kemudian tercetus sebuah rencana “LIBURAN KE LUAR KOTA”.

Hal ini didasari karena, gue and para sahabat, waktu liburan ntar kayaknya kaga kemana-mana bareng keluarga, jadi dari pada muter-muter kaya gasing dirumah, mending jalan-jalan bareng sahabat.

Well. Tujuan kota yang akan kami jajah adalah ibukota Provinsi Kalimantan Selatan : Samarinda Banjarmasin. 

“kita ke Banjarmasin aja dulu, ntar kalo sudah berhasil ke Banjar, kita ke luar Kalimantan, kalo berhasil lagi kita ke luar negeri”. kata gue sambil membayangkan 50 tahun lagi.

“ke sananya naek apa?? Kita pake sepeda motor aja, lebih seru” kata Isan. 

“idihhh, gue nunggang sepeda motor 1 jam aja, pantat gue udah keram, apalagi ke Banjarmasin,”. Tanjung ke Banjarmasin 5 jam, itupun pake mobil trus tanpa macet and tanpa mampir istirahat. Kalo pake motor, mungkin bisa sampe 16 jam, 5 jam di jalan, 3 jam istirahat, sholat, kencing, makan. 2 jam pijet baikin posisi pantat, 6 jam sisanya ngantri pijet. Tuh, lama banget kan nyampenya, kalo pake sepeda motor.

“mmmm, kalo pake travel??” Klaudia ngasih saran.

“berapaan??”

“mmm, 150 rebu, pp 300.”

“hah? Gue kemaren cuman 65 rebu kok??” gue kejang-kejang mendadak.

“kan BBM udah naik ga,..”

“lhaa terus naik apa?? Seandainya mobil Danil bisa kita pinjem”. Gue, Isan, Klau malem minggu kemaren juga udah nanya ke Danil (salah satu sahabat gue di kelas juga), soal mau ngajak dia dan mobil bokapnya jalan ke Banjarmasin. Tapi katanya bakal kaga di bolehin sama bokapnya.

Siang kemaren kami diskusi lagi di rumah Isan, setelah kami bertiga makan di kedai mie, yang rasanya ituu,.. WOWWW!!, Amis, mirip kencing sapi laut. Dan kenapa kami milih di rumah Isan, Karena rumah Isan itu, paling aman, nyaman, dan bebas mau ngapain aja. Mau ngerokok or nyabu pun kaga bakal ketahuan, tapi sayang kami bertiga kaga bisa ngerokok. Jangankan ngerokok, megang aja gue kaga pernah (CONTOHLAH GUE PARA ANAK MUDA!!), pernah sih mau nyoba ngerokok, waktu itu tapi pake kertas tulis yang digulung bentuk pemukul kasti (20x lebih gede dari rokok beneran), terus ujungnya di bakar, trus gue hirup deh. Besoknya gue kerumah sakit.

Balik ke topik.
“mau yang gratis nih??, mmmm, kita cegat orang ditengah jalan aja???”

“iya, biasanya gratis loh, apalagi pake truck tuh, kita numpang di belakang” Isan malah lebih antusias.

“Truck pembawa pasir itu san??”

“iyaa, tapi tengah malem ga,..”

“kalo pake Pickup gimana??” Isan saran lagi.
Ide yang bagus sih, kebayang ntar sepanjang jalan kita malah mirip orang kampanye, pake bendera-bendera, pake sirine pemadam kebakaran, terus pasang salon yang gedenya sekulkas, terus teriak-teriak nuntut penurunan BBM.
Masalah ini masih belum selesai. Yang kami perlukan cuman mobil, sama duit. Ada duit semua beres. Gue kemudian nyumbang sebuah ide atau gagasan bikin proposal terus rujuk ke nyokapnya Isan. Tapi si Isannya nolak.

Maghribnya, kami nyambung di Line.
“kalo mau iuran 150 rebu, kita bisa nyewa mobil temennya nyokap gue, untuk 2 hari,” kata Klaudia. 

“yang nyupir?” gue bales.

“Isan atau Gue!! Jadi baru keluar rumah, langsung ditabrak orang hahaha”
Oke, sekarang harapan kami cuman Danil, karna cuman dia satu-satunya yang bisa nyetir mobil. Gue padahal bisa sih, asalkan para sahabat gue ini rela kakinya buntung.

Gue minta saran ke bokap.
“pah Raga ntar mau liburan ke Banjar nih sama temen-temen”

“naik apa??”

“nih mau nyewa mobil temennya mamanya temen,” susah amet.

“yang nyetir?”

“temen”

Saat itu juga gue langsung dimarahin bokap. Okey, kayaknya itu bukan minta saran deh.

Gue masuk kamar. “aduhh, gue kaga di bolehin nih, kalo Danil yang nyetir, bolehnya pake travel atau ada orang tua yang nyetirkan………Seandainya Isan bisa nyetir ”. Curhat di Line.

“secara gak langsung lu ngatain gue tua gitu??” Isan kaga terima.

“kalo pake travel mahal gaa, pp 300 rebu, belum disananya, gue juga gak di bolehin nih”. Kata Klaudia.

“protes ke bokap lu ga..!”

“kalo pake travel, kayaknya boleh-boleh aja.”

“duit lu berapa ga,….”. Isan bilang gitu, gue langsung sadar. Dompet gue juga sekarat.

“yaitu, mahal kalo pake travel,.  Travelnya aja pp udah 300, makan 2 hari 100 rebu, belanja-belanja 5 juta, busettt.. bisa habis 5 juta setengah”. Kata gue, mendukung aksi penolakan pake travel.

“bisa jual tanah gue ntar”

“ho.oh, terpaksa harus jual ginjal,. Punya Klaudia”

Aduhh, kaga tau deh gimana nih nasib liburan. Masa gue harus diam memfosil di rumah selama 2 minggu??. Yahhh doakan aja, semoga ada jalan, dan rencana liburan ini berhasil. Aminnn.

4 komentar:

  1. Mendingan Liburan ke panti Pijet. Deket, murah, dan menyenangkan lagi.

    azizkerenbanget.blogspot.com

    BalasHapus
  2. rencana mulu kagak berangkat-berangkat, nanti cuma wacana :p
    mahal juga ya pake travel 300.. :(

    BalasHapus
  3. @aziz : sayangnya gue kaga suka dipijet n memijet, hehe

    BalasHapus
  4. @ yoga : yaa gitu deh, biaya yang terlalu mahal + larangan dari orang tua itu yang mmbuat kmi belom brangkat,, mudahan bakal jadi aja dehh

    BalasHapus